Cara Promosi di Instagram : Taktik Penerapan Pada Berbagai Industri (Part 1)

Cara Promosi di Instagram : Taktik Penerapan Pada Berbagai Industri (Part 1)

Instagram merupakan alat pemasaran digital yang paling diandalan abad ini. Bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis menilai instagram sebagai platform media sosial yang ideal. Sebab memungkinkan pemasaran, penjualan, transaksi hingga promosi di instagram.

Adapun pengguna aktif akun instagram dari seluruh dunia mencapai jumlah satu miliar orang. Pertumbuhan tersebut terbilang cepat dibandingkan platform lainnya. Per Januari 2020 tercatat lebih dari 26 juta orang bergabung dengan Instagram.

Memanfaatkan platform Instagram dinilai menjadi strategi distribusi yang unggul, baik itu dalam produk dan layanan. Mengingat beberapa topik dapat menjadi tren di instagram. Hal ini akan mendorong perusahaan mengembangkan konten lebih baik dan konsisten.

Cara Promosi di Instagram Terhadap 10 Industri Berbeda

12 Secrets to Promoting Your Book on Instagram - Kotobee Blog
(foto: blog.kotobee.com)

Berikut ini strategi pemasaran dan promosi di instagram terhadap 10 industri berbeda. Masing-masing industri ini memiliki kekhasan tersendiri.

1. Pemasaran

Supaya biro iklan berhasil dalam pemasaran Instagram maka harus bekerja ekstra. Maksudnya tidak hanya terfokus pada proses pemasaran semata. Tetapi perlu menarik perhatian calon pelanggan mereka yakni bisnis dan individu lain.

Disamping itu, biro iklan dan pemasaran harus menciptakan konten kreatif, unik, dan out-of-the-box. Ada beberapa hal yang dilakukan biro iklan atau pemasaran, diantaranya:

  • Fokus terhadap pembangunan konten yang kreatif, unik, dan tidak biasa
  • Menggunakan video untuk melibatkan bisnis,
  • Memposting video dengan cara membuat serangkaian episode yang membantu memperkenalkan bisnis dan karyawan lebih pribadi,
  • Semua konten yang diunggah tidak menyinggung dan menyakiti siapapun .konten di balik layar tidak pernah menyakiti siapa pun.

2. Ritel

Perusahaan retail memiliki keuntungan ketika mempromosikan akun Instagram mereka. Berbeda dari platform lain, instagram memiliki rentang demografi yang besar. Instagram dapat menjangkau anak-anak berusia 13 hingga 19 tahun. Namun tidak mengecualikan penduduk yang rentan usia 25 hingga 49 tahun melakukan pembelian.

Perusahaan ritel dapat melakukan promosi di instagram dengan lebih komplit. Terutama memungkinkan penggunaan fitur kiriman yang dapat dibeli. Fitur ini sangat tepat karena ritel menawarkan produk fisik.

Biasanya ritel akan mempromosikan sekaligus memasarkan produknya dengan menambahkan label harga. Namun, hanya dikhususkan bagi usaha ritel yang telah memenuhi syarat pemasangan instagram shopping.

Adanya postingan yang dapat dibeli membuat konten tersebut muncul di hadapan 200 juta akun calon pembeli aktif setiap hari. Disamping itu, promosi juga dapat dilakukan melalui story instagram.

Promosi produk melalu story dengan kemitraan merek, influencer, pemilik retail, dan pengguna produk. Story juga memungkinkan penandaan produk agar tersambung ke postingan pembelian.

Baca juga : 36 Hack Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis

3. Pendidikan

Bidang pendidikan juga dapat dipromosikan melalui instagram. Baik itu institusi pendidikan, sekolah online, akademi, dan profesional pendidikan. Tujuannya untuk menjangkau generasi muda pengguna instagram lebih luas.

Salah satu contoh akun instagram yang mempromosikan pendidikan adalah ‘School Book’. Sasaran audiens yaitu murid, guru, dan orang tua. Akun tersebut memposting konten seputar kiat-kiat, suasana sekolah, hingga keilmuan.

Disinyalir pengikutnya berasal dari guru dan profesional pengajar. Apabila akun instagram untuk mempromosikan pendidikan sebaiknya dibuat akun bisnis khusus. Maksudnya terpisah dari akun individu tertentu.

Ciptakan konten-konten yang berguna bagi murid, orang tua, dan tenaga pengajar. Berikut ini beberapa akun pendidikan yang menampilkan konten bermanfaat, antara lain:

  • @teachertalesofmisssmith membantu guru menawarkan sumber daya gratis, tip, dan kegiatan kelas. Akun tersebut juga memajang proyek yang dibuat siswanya. Sehingga orang tua dan orang lain dapat melihat hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
  • @Leafacademy memajang foto-foto siswa yang sedang mengerjakan proyek lokakarya.

Industri pendidikan juga dapat membangun komunitas profesional yang berbasis online. Walhasil dapat berjejaring melalui instagram, sekaligus memperoleh pengikut yang tepat. Memungkinkan pencarian akun baru untuk diikuti dan menjelajahi akun instagram dengan tagar bidang pendidikan.

Adapun tagar populer di akun instagram tenaga pengajar yakni #teachersfollowteachers, #teachersofinstagram, #iteachtoo, dan #teachersofthegram.

Teknik lainnya dengan membagikan berita dan ikuti perkembangan praktik  mengajar melalui sistem e-Learning. Sediakan juga instruktur online yang menguasai bidang pendidikan dan berpengalaman. Instruktur online ini juga bertugas menawarkan kursus online dan mempromosikan akun Instagram.

4. Perhotelan dan Restoran

Rata-rata banyaj orang menyukai makanan dan minuman dari resto. Tujuan menikmati sajian resto tidak hanya memanjakan lidah tetapi mereka terbiasa memposting ke akun sosial media. Kini ada istilah food-bloger yang mana postingan dan story instagram tentang gambar makanan.

Food-bloger inilah yang menguntungkan akun instagram perhotelan dan restoran. Pasalnya postingan dan tanda lokasi yang mereka publikasikan digolongkan sebagai iklan gratis.

Sebaiknya restoran dan perhotelan juga menyediakan agenda promosi untuk menarik pelanggan lebih banyak. Ada beberapa strategi promosi di instagram yang dapat diaplikasikan, antara lain:

  • Penawaran diskon saat musim liburan atau acara tertentu,
  • Posting gambar makanan menarik,
  • Menciptakan interaksi dengan food-blogger.

5. Fashion

Industri mode dan perancang busana juga memiliki akun instagram. Biasanya peminat produk dari industri ini lebih banyak. Ada beberapa cara yang diterapkan untuk mempromosikan produk fashion, yakni:

  • Berkolaborasi dengan model dan influencer fashion,
  • Membuat update story tentang pakaian dan aksesoris yang baru dirilis,
  • Membuat update posting dan story tentang tren fashion terbaru,
  • Memanfaatkan fitur kiriman yang dapat dibeli.

6. Kecantikan

Akun instagram juga banyak dimiliki oleh merek kecantikan dan penata rias. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan berbagi produk kecantikan. Rata-rata merek terkemuka tersebut membagikan tips makeup melalui foto ‘after and before’ penggunaan produknya.

Seringkali juga melakukan promosi melalui siaran langsung, IGTV. Ditemukan juga merek kecantikanyang bermitra dengan merek lain. Serta menyelenggarakan kompetisi dan kontes bagi audiens.

7. Real Estat

Industri real estat juga memiliki akun instagram. Biasanya industri tersebut memviralkan produknya melalui hashtag yang sedang tren. Perusahaan real estat  tidak ragu membuat konten menarik dan menyematkan kata-kata ‘Call to Action’. Kebanyakan industri real estate memposting interior eksterior berkualitas dan menggunakan geotagging

8. Hiburan

Instagram juga dibanjiri dengan pelaku hiburan seperti pembuat film, musisi, seniman, dan selebritis. Mereka dapat mempromosikan diri sendiri maupun orang lain. Menyoal pengikut instagram biasanya berjumlah ribuan sampai dengan jutaan.

Dalam dunia hiburan, instagram dimanfaatkan untuk berbagi klip video, film, serial, lagu, dan acara musik baru. Selain itu juga menerapkan hastag yang relevan dengan postingannya.

9. Pembinaan Kehidupan dan Relationship

Ada beberapa akun instagram yang khusus dibuat untuk menunjukkan sisi kehidupan dan relationship. Akun tersebut biasanya paling diminati orang dewasa untuk mendalami jati dirinya. Strategi promosi di instagram yang dapat diterapkan, antara lain:

  • Membagikan saran dan tips hubungan,
  • Membuat postingan seolah berbicara dengan audiens secara langsung,
  • Bagikan Kutipan Bertema Hubungan Atau Cinta
  • @Silvykhoucasian membagikan pemikirannya tentang hubungan dengan kutipan:

10. Travel

Industri travel juga sering mempromosikan dan memasarkan bisnis melalui akun instagram. Rata-rata konten yang dibagikan seputar tips dan foto-foto wisata yang menarik. Selain itu, strategi promosi layanan travel yang disajikan berupa:

  • Membagikan foto destinasi unik dan cantik,
  • Menyematkan lokasi geotagging dari tempat-tempat yang dikunjungi pelanggannya, dan
  • Membagikan posting blog perjalanan.