cara setting plugin yoast

Yoast SEO adalah plugin terkenal dan sudah di download oleh jutaan pengguna. Memang secara sekilas plugin ini bisa digunakan bahkan oleh pengguna baru. Namun untuk lebih lagi mendapatkan semua keunggulan Yoast SEO, anda harus memahami semua fiturnya.

Ada puluhan fitur dan aturan yang bisa membantu cara setting plugin Yoast SEO. Bagi anda yang belum mengerti cara setting plugin Yoast SEO, maka inilah saatnya anda belajar. Langkahnya cukup mudah dan tidak akan memakan banyak waktu.

Memindahkan Data dan Setting Baru Pada Yoast SEO

Setiap pemilik website mempunyai banyak sekali pilihan pluginnya sendiri. Mulai dari Yoast SEO, All in one SEO pack, hingga Rank Math. Semua cara plugin setting Yoast ini memang memiliki fungsi yang lumayan mirip. Itulah mengapa saat anda menjadikan Yoast SEO sebagai plugin utama, anda juga harus mengubah semua fungsi fungsi di situs anda.

Untuk memaksimalkan plugin Yoast SEO, maka semua aturan atau setting sebelumnya harus dipindahkan ke Yoast SEO. Anda bisa melakukannya secara manual atau juga secara otomatis. Ada plugin tambahan yang dikenal dengan SEO Data Transporter oleh Studio Press. Ini akan memudahkan proses pemindahan setting dan juga data dari satu plugin ke plugin yang lain.

Mengkatifkan Fitur Advance Yoast SEO

Masih ada banyak pemilik situs yang tidak pandai atau belum mengetahui fitur inI. Ternyata, ada fitur advance dimana and abisa melihat fitur fitur sebelumnya. Anda bisa mengakses “Features” dengan membuka tab general. Kemudian anda akan dibawa ke sebuah halaman baru. Tekan saja “features” kemudian cari “advance settings page”.

Advance settings page ini adalah fitur dimana para pemilik situs dapat melihat tampilan yang lebih luas. Beberapa diantaranya adalah seperti settingan untuk judul dan deskripsi meta. Jangan lupa untuk menekan tombol save changes untuk menyimpan perubahan yang baru saja dibuat.

Semua fitur tambahan ini akan muncul dibawah tab “Dashboard” anda. Kemudian, anda sekarang sudah bisa mengakses fitur seperti Titles & Metas, Social, XML Sitemaps, dan lain lain.

Personalisasi Website WordPress

Yoast SEO merupakan salah satu plugin yang paling mudah untukmengakses fitur WordPress. Ini berarti Yoast SEO dapat mengubah aturan secara otomatis jika anda tidak memasukkan informasi di kolom tersebut. Sama halnya pada informasi pribadi yang ada di website anda.

Pengguna yang sudah lama mungkin saja telah melakukan setting untuk informasi personal pada website. Namun jika belum, anda bisa membuka tab yang satu ini dengan menekan tab “Your Info”. Tab ini bisa dibuka dari halaman general tadi. Kemudian, anda akan diberikan tampilan untuk semua informasi terkait website.

Ada beberapa hal yang penting dalam langkah personalisasi website WordPress. Anda ingin mencapai ranking SEO WordPress tertinggi. Dan hal ini langsung berkaitan dengan identitas sebuah website. Website anda harus memiliki nama terlebih dahulu. Ini pastinya sudah menjadi kewajiban.

Kemudian, anda wajib juga mengisi informasi terkait website. Apakah website tersebut dimiliki oleh perusahaan atau oleh seseorang. Jangan lupa untuk mengisi logo serta nama yang lengkap. Dengan ini, Google akan melihat website anda sebagai website yang resmi. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan menekan Save Changes.

Memaksimaklan Webmaster Tools

Mengerti semuanya mengenai SEO mungkin menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun ini tidak perlu dikhawatirkan. Secara sederhana, anda pasti sudah mendengar istilah search engine. Search engine ini ada banyak jenisnya. Seperti Google, Duck duck go, Yahoo, Bing, dan lain lain.

Webmaster tools adalah fitur yang penting untuk memasukkan ranking website anda pada search engine. Fungsi utama dari Webmaster adalah untuk memberikan analisa serta data terkait website anda. Mulai dari insight, hingga tampilan website anda dari search engine.

Webmaster tools hanya bisa digunakan setelah anda telah verifikasi melalui website. Ini bisa dilakukan dengan menambahkan kode ke hosting anda. Buka saja tabs “Webmaster tools”. Kemudian, anda bisa menambahkan kode yang sesuai. Setiap search engine memiliki kode metanya sendiri.

Seperti pada Google, ada Google Search Console, dan Bing menggunakan Bing Webmaster Tools. Setiap webmaster memiliki kodenya sendiri. Anda harus mencari kode tersebut untuk ditambahkan kepada plugin Yoast SEO.

Setting Keamanan Plugin Yoast SEO

Cara setting plugin Yoast SEO berikutnya adalah untuk meningkatkan keamanan. Langkah ini cukup mudah namun sangat penting. Anda harus membuat fitur security sebagai non aktif. Fitur di bagian “Tab” pada halaman general akan memiliki satu pilihan saja.

Pilihan ini disebut dengan “Advance part of the Yoast SEO Meta box”. Dengan mematikan fitur ini, para penulis tidak akan bisa mengedit nonindex pada konten.

Title Separator

Plugin WordPress terkenal karena anda bisa mengubah semuanya hingga hal terkecilnya. Title dan Meta merupakan bagian penting dari penulisan. Namun dengan Plugin WordPress, anda bisa menambahkan beberapa simbol yang bisa membantu penulisan judul. Seperti simbol strip, kutip, dan lain lain.

Dengan melakukan ini, anda tidak perlu lagi membuat simbol secara manual. Karena cara setting plugin Yoast di WordPress akan membantu anda dengan mengisi simbol secara otomatis disamping judul anda. Ini adalah fitur yang sangat berguna jika anda ingin memaksimalkan semua fitur dari Yoast SEO.

Setting Homepage Untuk Memaksimalkan Yoast SEO

Homepage merupakan halaman utama sebuah website. Cara setting plugin Yoast SEO juga harus dilihat dari sisi homepagenya. Homepage ini terbagi menjadi 3 komponen. Yaitu judul homepage, deskripsi, kemudian juga penggunaan keyword.

Anda dapat mengubah dan mengatur semuanya di halaman homepage ini. Pertama tama, isi saja “Title template” dengan judul yang anda inginkan. Judul ini akan langsung ditampilkan di halaman utama anda dan juga link. Pada saat website anda dicari secara online, title template akan ditampilkan kepada semua pembaca.

Setting Media Sosial Yoast SEO

WordPress tidak memiliki fleksibiltas ketika belum memiliki plugin seperti Yoast SEO. Cara setting plugin Yoast SEO untuk setting adalah denagn menekan tab “SEO”. Di dalam tab SEO, tekan tab accounts terlebih dahulu. Ada banyak pilihan untuk mengatur tab media sosial menggunakan Yoast SEO. Anda harus menghubungkan semua akun media sosial terlebih dahulu.

Pada kolom “Accounts”, akan ada 8 jenis aku media sosial yang dapat dihubungkan pada Yoast SEO. Media sosial ini adalah seperti profil Facebook, Instagram, Linked In, Pinterest, Youtube, Google, dan username Twitter. Mengintegrasikan media sosial anda sangat penting karena ini bisa meningkatkan ranking pada website.

Google akan lebih mudah saat anda memberikan media sosial dari website. Jangan lupa untuk menekan save changes supaya semua perubahan dapat tersimpan.

Baca juga: Cara Mendapatkan SSL Gratis

Setting Konten Facebook

Keunggulan dari menggunakan Yoast SEO adalah fitur yang sangat otomatis bagi para pengguna. Sebagai sebuah penulis konten, anda akan menulis banyak sekali konten di website. Namun anda juga ingin konten ini tersebar ke pembaca yang lebih luas.

Salah satu media sosial paling bagus untuk membagikan konten seperti artikel adalah Facebook. Cara setting plugin Yoast SEO bisa menjadi jembatan untuk menghubungkan Facebook dengan website WordPress anda.

Anda bisa mengakses fitur Facebook dari tab yang ada pada samping “Accounts”. Tambahkan meta data dari Facebook ke bagian head dari website anda. Ini dibutuhkan supaya anda bisa melakukan konfirmasi terhadap konten. Kemudian, thumbnail website anda berhasil ditampilkan pada semua artikel yang ingin dibagikan. Sebelum konten anda bisa terbagi secara otomatis, ada beberapa cara setting plugin Yoast SEO yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Frontpage settings menjadi langkah terakhir untuk menghubungkan Facebook dengan WordPress. Anda bisa memasang judul, URL dari thumbnail, dan juga deskripsi. Sehingga saat konten anda dibagikan melalui Facebook, ada informasi tambahan mengenai artikel tersebut.

Pembaca lebih tertarik pada konten yang penuh dengan thumbnail bagus. Jangan lupa untuk membuat deskripsi semenarik mungkin pada setiap konten. Kemudian anda tinggal perlu save changes. Jadi setiap kali anda mempublish konten, konten atau artikel juga akan dibagikan ke halaman Facebook.

Memanfaatkan Share Twitter

Anda mungkin sudah sering melihat banyak outlet berita besar yang aktif dalam media sosial seperti Twitter. Twitter menjadi platform yang terus bertambah pembacanya. Setiap harinya, Twitter dipenuhi dengan banyak pengunjung baru. Pengunjung tersebut bisa digunakan sebagai target pembaca yang baru.

Pertama tama, anda harus membuat akun Twitter terlebih dahulu. Pastikan nama dari Twitter sudah sesuai dengan nama website anda. Kemudian, cari Twitter card di website Twitter. Copy paste “Twitter card” di heading pada halaman utama.

Kemudian anda harus mengaktifkan twitter card pada tab “Twitter”. Tab ini berada disamping tab “accounts” dan tab “facebook tadi. Jangan lupa untuk simpan dengan sae changes. Sekarang, semua konten yang anda post akan langsung di tweet melalui Twitter. Jadi anda tidak perlu mengerjakan hal berkali kali. Sangat menarik bukan?

Memaksimalkan Ranking Artikel dengan Yoast SEO

Yoast SEO paling berguna pada setiap konten yang ingin anda posting. Yoast SEO merupakan plugin utama dalam menyusun strategi terbaik untuk meningkatkan ranking di situs anda. Beberapa hal yang dimanfaatkan oleh cara setting plugin Yoast SEO adalah seperti keyword, meta description, judul, struktur, dan lain lain. Semua ini akan dibantu oleh Yoast SEO.

Sebagai pengguna baru, anda dapat mengikuti tata cara untuk membuat ranking SEO menjadi hijau. Cara membuat konten SEO juga penting untuk membuat ranking menjadi hijau. Inilah tujuan anda ketika sedang ingin mengupload sebuah artikel. Lakukan semua yang disarankan oleh Yoast SEO hingga ranking anda bisa berubah menjadi warna hijau.

Anda juga bisa memperbagus halaman konten dengan menggunakan keyword. Keyword harus sesuai dengan judul dan juga disebarkan dari atas hingga bawah konten. Jangan lupa untuk menambahkan media berupa gambar dan video. Dengan ini, Google akan lebih tertarik lagi untuk meninggikan otoritas website anda.

Baca juga: Cara Verifikasi Website ke Google