5 Hal Penting Dalam Pemasangan Instalasi Listrik Yang Benar

5 Hal Penting Dalam Pemasangan Instalasi Listrik Yang Benar

Listrik hingga saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Hal tersebut masuk akal jika mengingat bahwa sebagian besar benda atau peralatan saat ini masih menggunakan aliran listrik sebagai daya untuk menghidupkannya.

Jika listrik di rumah anda mati tentunya hal tersebut menjadi hal yang merepotkan dan menghambat aktivitas anda. Matinya aliran listrik pada rumah sendiri terkadang bukan dikarenakan kerusakan, namun juga kesalahan pada pemasangan instalasi listrik rumah.

Ketimbang anda harus memanggil teknisi listrik dan mengeluarkan beberapa biaya, memahami sedikit mengenai instalasi listrik rumah dapat menjadi salah satu hal yang berguna untuk anda.

Pada artikel kali ini, kami akan sedikit berbagi tentang cara pemasangan instalasi listrik di rumah yang benar untuk anda. Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Cara Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Yang Benar

Cara Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Yang Benar
Sumber gambar: pexels.com/Burak-Kebapci

Melansir informasi dari halaman rumah123, dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui dalam pemasangan instalasi listrik di rumah, adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Mengetahui luas dan Jumlah Ruangan 

Salah satu hal penting yang harus anda ketahui terkait dengan pemasangan instalasi di rumah adalah mengetahui luas rumah dan juga jumlah ruangannya. Mengapa hal ini diperlukan?

Alasannya adalah dikarenakan agar dapat mempermudah anda untuk menyediakan panjang kabel yang cukup untuk pemasangan instalasi listrik nantinya. Oleh karena itu,pastikan anda mengetahui dengan baik luas dari rumah anda dan juga jumlah ruangan di dalamnya sebelum melakukan pemasangan instalasi listrik nantinya.

Selain luas dan jumlah ruangan, anda juga harus mengetahui jumlah lampu, saklar dan juga stop kontak yang ada di rumah anda.

Mengetahui Besaran Daya Listrik Rumah

Hal penting selanjutnya yang juga penting untuk anda ketahui terkait dengan pemasangan instalasi listrik di rumah adalah besaran daya listrik dari rumah anda. Untuk bagian ini, informasi mengenai daya listrik rumah ini akan dapat membantu anda dalam menentukan kebutuhan MCB nantinya. 

Untuk anda yang belum mengetahui MCB ini, MCB atau Miniature Circuit Breaker ini adalah komponen listrik yang berperan sebagai sistem perlindungan arus listrik, sehingga pemakaian listrik di rumah anda tidak berlebih. 

Komponen ini dapat mengurangi resiko terjadinya arus pendek (short) pada instalasi listrik yang anda gunakan. 

Mengenal Komponen Listrik yang Dibutuhkan

Untuk membuat instalasi listrik yang anda pasang dapat berfungsi dengan baik, maka anda juga harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu mengenai komponen-komponen yang diperlukan dalam pemasangan instalasi listrik seperti:

  • MCB (Miniature Circuit Breaker)
  • LCB (Leakage Circuit Breaker)
  • Boks MCB dan ELCB
  • Stop Kontak
  • Saklra
  • Kabel Listrik
  • Pipa 
  • Embodus
  • Connector 
  • Dan lainnya.

Jika anda membutuhkan sejumlah komponen listrik di atas atau yang lainnya dalam pemasangan instalasi listrik di rumah anda, anda dapat mencoba membelinya di toko alat listrik atau Distributor Wago seperti PT. Helix Elektrindo.

Menggunakan Kabel Yang Sesuai 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa memahami perihal alat atau komponen kelistrikan adalah salah satu bagian penting dalam pemasangan instalasi listrik. Salah satu komponen tersebut adalah kabel.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat cukup banyak jenis kabel yang ada di pasaran saat ini. Setiap jenis kabel memiliki ukuran dan juga fungsinya tersendiri. Penggunaan kabel yang kurang atau tidak sesuai pada instalasi listrik dapat menyebabkan terjadinya arus pendek (short).

Oleh karena itu, pastikan bahwa anda memilih kabel sesuai dengan instalasi listrik yang anda kerjakan. Selain itu, pastikan juga kabel yang anda gunakan memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Merancang Alur Instalasi Listrik

Pemasangan alur instalasi listrik juga adalah salah satu hal penting dalam pemasangan instalasi listrik di rumah. Dalam hal ini, anda harus mengetahui rangkaian listrik apa yang akan anda gunakan, apakah seri atau paralel.

Selain itu, anda juga harus mempersiapkan jalur listrik untuk instalasi listrik rumah anda. Jalur listrik utama yang dimaksud di sini sendiri adalah jalur listrik dari kotak MCB di instalasi yang anda recanakan.

Itulah beberapa ulasan dari kami mengenai cara pemasangan instalasi listrik rumah yang benar. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat, terutama untuk anda yang tengah mempelajari atau mencari informasiĀ  tentang instalasi listrik di rumah. Jangan ;lupa untuk mengikuti blog ini untuk mendapatkan lebih banyak ulasan informatif dan pengetahuan umum lainnya. Terima kasih telah membaca.