5 Komponen Penting Membangun Profil Bisnis Instagram

Apakah Anda hanya membangun platform bisnis instagram tanpa memanfaatkan berbagai fiturnya? Tinggalkan cara lama dan tingkatkan brand awareness audiens dengan membangun profil bisnis instagram. Kesuksesan membangun business profile instagram dapat menjadi tolak ukur promosi dan pemasaran produk Anda.

Oleh karenanya jangan sampai ketinggalan menggunakan fitur-fitur terbaru berikut ini. Disinyali sangat mutakhir dalam mengembangkan akun bisnis instagram. Mengingat tujuan utama dari akun bisnis tentunya menciptakan pengalaman menarik bagi para pengunjung dan pengikutnya.

Penggunaan fitur profil bisnis instagram akan membantu audiens yang baru berkunjung mengetahui isi dari akun bisnis. Usai mengembangkan profil bisnis instagram, sangat diharapkan agar fokus membangun konten. Terutama konten kreatif dan berkolaborasi dengan influencer maupun merek lain. Simak ulasan lengkap berikut ini. Check this out!

Baca juga : 36 Hack Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis

5 Fitur Upgrade Profil Bisnis Instagram

12 Tips Instagram Marketing yang Tidak dapat Anda Abaikan | Alona.co.id
(foto: www.alona.co.id)

Kini platform instagram berkembang sangat pesat. Banyak orang menggunakannya untuk berjualan online, promosi, iklan, hingga mengekspresikan diri. Ingin tampilan profil bisnis instagram Anda ‘hot’ and ‘eye catch’, silahkan manfaatkan 5 fitur berikut ini. Dijamin tidak mengecewakan dan mudah digunakan oleh para pemula loh!

1. IGTV Untuk Bisnis

Tentunya Anda telah mendengar tentang Instagram’s Craze Terbaru. Sebutan populernya adalah IGTV. Tahukah Anda ternyata IGTV merupakan platform video vertikal yang belakangan dirilis instagram.

Fitur satu ini terbilang berpengaruh terhadap merek. Apalagi dapat digunakan untuk sarana hiburan, pemasaran, dan berbagi informasi menarik. Salah satu akun bisnis yang videonya populer melalui IGTV adalah Buzzfeed Tasty. Terkenal karena menampilkan video tutorial memasak secara ringkas.

Alhasil, para penonton betah dan ketagihan melihat setiap postingan Buzzfeed Tasty. Banyak yang mengatakan setiap videonya seolah membuat penonton ingin menjadi koki. Salah satu video memasak yang menjadi favorit audiens yaitu segmen “Behind Tasty“.

Dimana Buzzfeed Tasty menggunakan segmen tersebut agar terhubung dengan pengikut mereka. Memang cara memasak yang ditampilkan menyimpang dari tutorial tradisional dalam masyarakat. Namun, Buzzfeed Tasty berhasi menyajikan pendekatan memasak yang lebih intim dengan penonton.

Biasanya dalam setiap postingan diisi oleh para expert. Contohnya koki Tasty, koki restauran, dan koki dari hotel berbintang. Buzzfeed Tasty menjadi percontohan merek yang berhasil menciptakan segmen kreatif. Hasilnya audiens dan pengikut seolah dimanjakan dengan pandangan eksklusif terhadap makanan dari koki-koki.

Bahkan, tidak sedikit yang mengatakan postingan Buzzfeed Tasty menjadi inspirasi memasak. Terkadang akun instagram Buzzfeed Tasty juga menampilkan klip ‘behind the scene’. Isi klip tersebut tidak berat, melainkan terlihat jujur, informatif, dan lucu. Sehingga menciptakan sentuhan pribadi bagi audiens dan pengikut.

2. Instagram Story Meningkatan Kesadaran Merek

Ada juga penggunaan instagram story untuk meningkatkan kesadaran merek. Beberapa waktu belakangan memang diaku bahwa story instagram mengalami perubahan besar. Terutama profil bisnis instagram yang memiliki lebih dari 10 ribu pengikut. Dapat menikmati berbagai fitur menarik yang mendorong engagement konten dan pengikut.

Konten yang diunggah pada story instagram menjadi hal yang sangat penting. Semakin populer di kalangan pengguna maka engagement audiens akan meningkat. Fakta menunjukkan bahwa instagram story meraih popularitas lebih tinggi dibandingkan story snapchat.

Adapun beberapa fitur terbaru dari instagram story yang dapat meningkatkan engagement audiens dan konten, yakni:

  1. Stiker jajak pendapat dengan cara menyandingkan dua opsi kepada audiens. Paling sederhananya opsi ‘Yes’ dan ‘No’. Anda dapat meminta audiens memberikan pilihan yang terbaik.
  2. Stiker pertanyaan berguna untuk menanyakan berbagai hal kepada pengikut instagram. Misalnya meminta pendapat pengikut instagram Anda tentang produk terbaru dan masukan tentang saran postingan. Dapat pula mengenai pertanyaan-pertanyaan pekerjaan dibalik layar yang Anda lakukan.
  3. Memuat jajak pendapat penggeser emoji. Penggeser emoji dapat dikatakan sebagai cara yang bagus membangun interaksi dengan pengikut. Tujuannya untuk melihat bagaimana perasaan mereka tentang produk tertentu. Contohnya, Anda dapat memilih emoji hati-mata untuk penggeser untuk mengukur seberapa mereka menyukai diskon khusus.
  4. Menambahkan musik menjadi fitur story paling populer. Ada beberapa merek terkemuka yang membuat daftar putar musik tersendiri. Tujuannya memberikan sentuhan dan menambah profesionalitas promosi di instagram.

3. Memberikan Bantuan Melalui Obrolan Video

Ada juga merek yang memberikan bantuan bagi pelanggan melalui obrolan video instagram. Misalnya, Anda menjalankan butik trendi dan sering mendapatkan pertanyaan tentang saran gaya dari pelanggan.

Anda dapat mengizinkan mereka menghubungi Anda di Instagram untuk menunjukkan beberapa gaya sesuai permintaan. Caranya dengan memanfaatkan fitur obrolan video baru di instagram.

Ketuk pada bagian kanan atas umpan dan pilih tombol plus. Selanjutnya pilih sampai dengan tiga akun instagram untuk mengobrol bersama. Lalu ketuk bagian sudut kanan atas instagram untuk memberi tahu orang akan adanya obrolan masuk di instagram.

Selain itu, Anda bisa juga mendorong pelanggan untuk membuat obrolan video di instagram. Terutama pelanggan yang memerlukan saran, teknis, dan rekomendasi gaya. Hal ini akan membuat merek Anda mudah di jangkau dan menimbulkan perasaan ‘intimate’.

4. Tautkan Hashtag Pada Bio Instagram

Fitur hastag memang terlihat sepele bagi orang awam. Namun, tahukah Anda ternyata hashtags dapat mempermudah audiens mencari kebutuhannya. Hashtags juga dikatakan sebagai alat mutakhir untuk memperluas jangkauan ke audiens yang memasukkan kata kunci tertentu.

Tentunya hashtag juga bermanfaat optimal meningkatkan engagement instagram dengan pengikut. Syaratnya dengan membuat tagar khusus yang menunjukkan eksistensi merek. Contoh merek yang menggunakan hashtag adalah Topshop. Sebuah merek pakaian yang populer dengan hashtag #TopShopStyle dan meletakkan hastag tersebut pada bio instagram.

Apabila Anda mencari hashtag tersebut akan menemukan lebih dari 400 ribu pos dari para penggemar di seluruh dunia. Selain hashtag tambahkan juga deskripsi instagram yang menarik dan menampilkan kalimat ‘Call to Action’.

Contohnya: “Bagikan penampilan Anda dengan menandai @Topshop dan gunakan #TopshopStyle untuk ditampilkan di Instagram kami”

Hasilnya peminat yang memajang foto terbaik dan menandai Topshop membludak. Apalagi mereka harap-harap cemas postingannya menjadi terbaik dan dapat disaksikan 10,1 juta orang.

Sebisa mungkin para pengikut Topshop menampilkan foto terbaik dengan menggunakan produk Topshop. Melalui metode ini akun bisnis instagram juga dapat lebih dekat dengan para pelanggannya.

5. Membagikan Postingan Feed ke Instagram Story

Anda dapat juga melakukan tindakan membagikan feed ke instagram story. Caranya gampang, cukup memposting konten dan langsung bagikan ke instagram story. Tujuan penggunaan fitur ini untuk memberikan pesan kepada audiens untuk mengecek feed instagram.

Disamping itu, mempermudah Anda agar tidak memposting secara manual ke instagram story. Disinyalir sangat efektif untuk meningkatkan engagement dengan pengikut Anda. Apalagi ditambah dengan kontes dan program giveaway. Lengkap dengan ketentuan memposting ulang feed ke story pengikut dan menandai temannya.

Hadiahnya dapat berupa produk tertentu dan memajang foto akun dari pemenang. Repost story instagram juga membuat pengikut menyapa Anda dan memperoleh feedback.