cara menggunakan soda api

Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet dan Saluran Air

Punya malah di kamar mandi seperti WC mampet dan saluran air tersumbat memang sangat merepotkan. Namun, apakah kamu sudah tahu kalau masalah tersebut bisa kamu atasi dengan cara menggunakan soda api? Baiklah, di artikel ini akan dibahas secara lengkap bagaimana penggunaanya. 

Sebelum memulai, perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Baik untuk mengatasi kloset yang mampet atau saluran air tersumbat, kamu perlu menyiapkan alat keselamatan seperti masker mulut dan juga sarung tangan yang terbuat dari karet untuk menghindari soda api terkena kulit. Karena sangat berbahaya dan bisa menimbulkan luka bakar. 

Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet

Yang pertama, mari bahas cara menggunakan bahan kimia soda api untuk WC yang mampet terlebih dahulu karena menurut Herifianto CV Mitra Sabena, bahan tersebut ampuh untuk mengatasinya.

Setelah menyiapkan alat keselamatan yang sudah disebutkan di atas selanjutnya siapkan sekitar 1 kg soda api, ember kosong, adukan, dan juga air panas mendidih. 

1. Masukkan Soda Api ke Ember

Langkah yang paling awal, masukkan soda api 1 kg tersebut ke dalam ember kosong dan bersih yang sudah kamu siapkan. Pastikan ember tersebut benar-benar kosong supaya tidak ada benda atau bahan lain yang tercampur nantinya dengan soda api. 

2. Tuang Air Panas Mendidih

Selanjutnya tuangkan air panas yang mendidih tadi ke dalam ember yang sudah terisi dengan soda api. Saat menuangkannya kamu perlu berhati-hati agar air panas tidak tumpah dan terkena tangan kamu. 

3. Aduk Rata

Setelah soda api dan air panas mendidih sudah dimasukkan ke dalam ember, saatnya aduk kedua bahan tersebut sampai soda api larut. Perlu kamu pastikan lagi soda api benar-benar larut supaya nantinya saat proses perbaikan tidak menjadi keras di dalam pipa. 

4. Tuangkan Soda Api ke Dalam WC

Nah, saatnya menuangkan soda api yang sudah kamu aduk larut ke dalam kloset. Selanjutnya kamu perlu menunggu sekitar 2 jam hingga 4 jam supaya bahan kimia tersebut benar-benar bereaksi untuk mengatasi WC yang mampet. 

5. Siram dengan Air Yang Banyak

Apabila waktunya sudah cukup, siramlah kloset yang tadi kamu tuangkan soda api dengan air sebanyak-banyaknya. Setelah itu coba kamu cek apakah WC sudah berfungsi kembali normal. 

Apabila kamu ragu untuk memperbaiki WC yang mampet sendiri, kamu bisa menggunakan jasa sedot WC Jakarta Utara untuk mengatasinya. Mereka akan memberi pelayanan sedot WC dan juga perawatan. 

Cara Menggunakan Soda Api  untuk Saluran Air Tersumbat

Selanjutnya mari bahas cara penggunaan soda api untuk masalah saluran air yang mampet. Caranya hampir sama dengan di atas, namun kamu tetap perlu memperhatikannya. 

1. Gunakan satu ember yang berukuran besar lalu larutkan 3 gelas soda api atau seukuran 750ml ke dalam 3 liter air yang dingin. 

Ingat, di sini kamu menggunakan air dingin bukan air panas mendidih lagi. 

2. Selanjutnya kamu bisa menggunakan sendok kayu untuk mengaduk soda api yang sudah dicampur dengan air tadi. 

Perlu kamu perhatikan, untuk peralatan yang kamu gunakan seperti adukan dan ember tersebut jangan lagi kamu pakai untuk kegiatan sehari-hari seperti untuk memasak karena sangat berbahaya. 

3. Ketika kamu mengaduk bahan tersebut, nantinya akan ada desis dan juga panas yang bersumber dari soda api tersebut. 

4. Tuangkan campuran bahan tersebut ke dalam saluran air yang tersumbat dan biarkan hingga 30 menit. 

5. Jika sudah, siramlah selokan dengan 4 liter air panas. Nantinya kamu akan melihat, saluran air kembali normal dan tidak mampet lagi. 

Namun apabila ternyata saluran air masih belum sepenuhnya bersih, kamu bisa mengulang cara di atas lagi sampai benar-benar tidak tersumbat lagi. 

Seperti itulah cara menggunakan soda api yang benar dan aman untuk mengatasi WC yang mampet dan juga saluran air yang tersumbat. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Dalam Pemasangan Instalasi Listrik Yang Benar