Komik Gosu

Mengapa Anda Harus Membaca Komik Gosu

Membaca Komik Gosu – Sebelum solo leveling menjadi sangat populer, ada beberapa komik Korea lainnya yang sudah populer. Diantaranya adalah Tower of God, The God of High School, dan Gosu. Kali ini kita akan membahas mengapa membaca komik Gosu itu menyenangkan.

Apa itu Komik Gosu?

Gosu adalah istilah Korea untuk seseorang yang sangat terampil. Misalnya, pemain profesional atau ahli bedah dalam permainan. Dalam konteks komik, tentu saja para pakar pencak silat sedang berdiskusi.

Komik ini ditulis oleh Ryu Ki-Woon dan digambar oleh Moon Jung-Hoo, juga dibantu oleh beberapa ahli gambar Komik korea. Komik ini telah terbit di Naver pada bulan September tahun 2015 dan secara rutin terbit setiap hari Minggu di LINE Webtoon mulai tahun 2017.

Apa cerita tentang Gosu? Hm, sinopsis yang menjadi prolog komik tersebut berbunyi:

Seorang pemuda memulai perjalanan untuk membalas dendam gurunya, seorang ahli seni bela diri yang tak terkalahkan yang kemudian dikhianati oleh muridnya (yang lain) dan yang berhasil menyelamatkan dirinya sendiri meskipun dia hampir mati.

Dengan ilmu silat yang sakti, pemuda itu siap meneror dan menghancurkan dunia pencak silat (murim). Tapi sebelum dia mulai, dia mengetahui bahwa pengkhianat tuannya sudah mati…. Eh, apa yang kamu lakukan sekarang?

Prolog Gosu

Publikasi Gosu telah ditangguhkan selama hampir satu tahun. Pada saat ini, musim kedua dimulai pada Januari 2019. Dikarenakan kondisi penulis Ryu Giun tengah mengidap penyakit kanker dan harus segra menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Walau begitu komik Gosu diterbitkan ulang pada bulan Februari tahun 2020.

Mengapa Komik Gosu Layak Dibaca

Seperti sinopsis yang dibaca di atas, komik ini memang menarik dan sudah memiliki twist yang tak terduga bahkan sebelum cerita dimulai. Tapi bukan itu saja, masih banyak hal menarik lainnya dari komik ini.

Komik Gosu Lucu

Ya, baik dari segi cerita maupun gambarnya, kamu bisa menemukan hal-hal menyenangkan di sini. Humor seringkali tidak terduga mengingat karakter yang hadir dan peristiwa yang mereka hadapi.

Membaca Komik Gosu
popculture

Misalnya, seorang biksu yang berpura-pura mengasingkan diri dan berpuasa karena marah kepada murid-muridnya, padahal dia diam-diam memesan dimsum. Ada juga sekelompok pemburu hadiah yang menjebak mangsanya tetapi selalu terganggu dengan kehadiran Gang Yong (pemeran utama).

Sebagian besar adegan lucu muncul di musim pertama. Karena season kedua telah memasuki cerita yang menampilkan lebih banyak pertempuran.

Cerita Gosu yang Bagus

Berdasarkan kisah balas dendam yang awalnya gagal, Gosu menghadirkan cerita yang menarik. Di awal musim pertama, Gosu menyajikan cerita harian setelah Gang Yong membatalkan balas dendamnya.

Kemudian Ryu Giun memperkenalkan kita pada karakter yang berbeda dalam komik ini melalui aksi (arc) yang berbeda. Tokoh-tokoh ini kemudian memainkan peran penting dalam cerita.

Di halaman ini Ryu Giun menunjukkan kemampuan menulisnya. Setelah “memperluas” cerita dengan karakter yang berbeda, dia mampu menyatukan kembali cerita yang lepas ke dalam bingkai yang lengkap tanpa terlalu bertele-tele. Jadi membaca komik Gosu cukup bagus dan mudah.

Sedikit perbandingan bahwasanya masih banyak aspek cerita pada Solo Leveling yang menjadi suatu kisah misteri. Bahkan George R. R. Martin merasa sulit untuk menggabungkan banyak alur cerita dalam seri buku A Song of Ice and Fire yang menjadi dasar seri Game of Thrones.

Karakter Tokoh Komik Unik

Salah satu hal menarik lainnya dari komik Gosu adalah karakternya. Setiap karakter utama biasanya memiliki karakter dan cerita masing-masing. Terkadang ada karakter dengan nama magis, seperti Soh Jinhong, monster pedang dengan pipi merona.

Fakta dan kekuatan Hunter Cha Hae In, kekasih Jin-Woo dalam leveling solo

Karakter utama Gang Yong (Gang Ryong) juga unik. Karena dia tidak bisa membalas dendam dan akhirnya bekerja di takeaway, dia menjadi sedikit gemuk. Tidak langsing, berotot seperti pendekar pada umumnya. Ditambah lagi, dia terlihat santai, polos, dan suka makan.

Beberapa contoh karakter unik lainnya adalah: Doh Gyeom (Do Gim) si Singa Besi yang (awalnya) pelupa, Song Yeri yang memiliki kemampuan supernatural yang menakutkan, Wang Ahk si penjahat yang suka bermain batu, kertas, gunting, dll.

Adegan Pertarungan yang Seru

Seperti sejarah dunia persilatan, apalagi jika menyangkut para ahli pencak silat, tentunya banyak pertarungan yang terjadi di komik ini. Adegan pertarungannya sendiri biasanya sangat bombastis.

CaV: Rob Lucci (Defiant_Will) vs Gang Ryong (HigherPower) - Battles - Comic  Vine
comik vine

Saya harus mengakui bahwa gambar pertempuran di Gosu jarang memberikan detail serangan. Kebanyakan hanya menunjukkan gerakan “efek” yang terlihat seperti ledakan. Beberapa gambar sorotan dari pertarungan tidak se-epik leveling solo. Namun pertarungan di sini tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Terkait Dengan Komik Yongbi

Dunia di komik Gosu sama seperti di komik Yongbi the Invincible (Yongbi Bulpae). Beberapa karakter utama di Yongbi hadir dalam komik ini. Misal seperti Yongbi sendiri, Goo Hwi, the Heavenly Devastating King, Hong Ye-mong, the Ice Jade Empress of the Fan, Atau Ilgak the Freak Monk.

Peristiwa di Komik Gosu overlaid sekitar 50 tahun setelah kejadian di komik Yongbi Bulpae. Jadi tokoh-tokoh dari komik Yongbi di sini sudah tua and mengasingkan diri ke Sage Forest.

Mereka turun kembali setelah conflict clan Pacheon mempengaruhi semua dunia persilatan. Yah, ada juga masalah and berhubungan dengan peristiwa masa lalu. Tapi kita ikuti saja dengan baca cerita di komik Gosu.

Keseruan membaca komik ala korea ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini jenis komik seperti manhwa sangat diminati para penggemar komik. Salah satu situs manhwa yang kami rekomendasikan adalah manhwaland, karena situs yang satu ini menghadirkan sesuatu yang paling dicari para penggemar komik korea.

Demikian alasan mengapa Anda harus membaca komik Gosu, semoga ulasan ini menjadi informasi yang berguna untuk Anda. /Aha

Baca Juga: Rekomendasi Anime Original Netflix Yang Harus Ditonton