perbedaan tags dan kategori

Penulis akan sering melihat dua hal yaitu tag dan kategori pada saat memposting konten. Anda dapat melihat ini dari tombol gir yang ada di sisi kanan atas. Tombol gir akan membawa ke sidebar yang menyajikan berbagai aturan pada konten. Ternyata, kategori dan tags berperan penting untuk mengatur konten serta SEO di situs anda.

Dua hal tersebut memiliki persamaan yaitu digunakan untuk mengelompokkan konten pada SEO WordPress. Mari kita bahas perbedaan tag dan kategori secara perlahan supaya anda bisa mengerti cara menggunakan.

Menginstall Plugin Yoast SEO

Satu hal yang tidak termasuk pada perbedaan tag dan kategori di WordPress adalah plugin Yoast SEO. Plugin adalah perangkat lunak yang dapat mengekspansi kerja situs WordPress anda. Plugin juga dapat menambahkan fitur fitur baru seperti kategori dan tags. Itulah mengapa fitur ini biasanya hanya dapat dimaksimalkan ketika anda memiliki plugin Yoast SEO.

WordPress akan memberikan akses kepada admin untuk menginstall berbagai jenis plugin. Penulis menggunakan Yoast SEO karena plugin ini dapat menyederhanakan syarat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas SEO. Yoast SEO akan memberikan petunjuk yang mudah untuk dimengerti oleh pengguna baru sekalian.

Apa itu kategori di WordPress?

Secara singkat, kategori adalah cara yang paling sederhana untuk mengelompokkan konten anda. Kategori juga menjadi cara paling efektif untuk memisahkan konten mana dan memasukkannya ke kelompok tertentu. Pengelompokan konten pada situs WordPress sangat bergantung pada fitur ini.

Kategori mengelompokkan sesuai dengan tema atau juga genre sebuah konten. Konten tersebut harus memiliki kesamaan dari segi judul atau topik umum untuk masuk pada kategori yang sama. Contohnya adalah semua berita dapat masuk ke kategori ‘News’.

Fitur kategori juga sangat fleksibel dan bisa digunakan lebih dari satu kali. Sebuah konten tertentu dapat dikategorikan menjadi 1 hingga 2. Namun jangan terlalu sering menggunakan lebih dari 2 kategori untuk setiap konten. Karena tujuan utama dari fitur kategori sendiri adalah untuk mengelompokkan secara detail. Ini dilakukan sehingga para pembaca bisa melihat semua konten yang relevan ketika mencari sesuatu.

Cara Menggunakan Kategori

Perbedaan tag dan kategori cukup sedikit apabila dibandingkan dengan semua kesamaan yang dimiliki. Kategori dapat digunakan dengan menekan kotak centang pada sebuah konten. Anda dapat mencentang lebih dari satu kotak.

Cara Edit Kategori di WordPress

Kategori bukanlah suatu fitur yang kaku dan tidak bisa diubah. Justru kategori bisa sangat fleksibel tergantung dengan para pengguna dan juga penulis. Sebagai contoh, mari kita ambil sebuah topik yang mungkin digunakan pada sebuah kategori penulisan seperti politik. Maka saat mengubah kategori pada WordPress, anda harus memperhatikan 4 hal berikut:

  • Nama kategori
  • URL Slug kategori
  • Pilih antara parent kategori atau kategori level bawah
  • Deskripsi kategori

Keempat hal tersebut dapat anda edit di sidebar pada sisi kiri halaman WordPress. Akan ada tabs yang bertulis “Categories” dibawah Add new. Langsung saja isi nama kategori yang sesuai seperti Politik. Kemudian jangan lupa untuk mengambil URL slug yang sesuai juga seperti “Politik”.

Jangan lupa untuk memilih kategori level atas atau bawah. Kategori dapat dibedakan menjadi dua level yaitu yang bawah dan juga parent kategori. Secara singkat, parent kategori adalah kategori umum seperti Politik, Ekonomi, Pop Culture, dan lain lain.

Sedangkan kategori bawah akan lebih detail lagi namun tetap berada pada ruang lingkup tema yang sama. Contohnya adalah “Politik Indonesia”, “Politik Asia”, dan sebagainya bisa digunakan sebagai kategori level bawah. Ini adalah perbedaan tag dan kategori yang paling utama.

Apa itu tags di WordPress?

Perbedaan tag dan kategori baru bisa kita bahas jika kita membandingkan keduanya. Tag adalah suatu fitur yang lebih spesifik dan bekerja langsung pada kata kunci yang anda gunakan. Jika kategori menggunakan tema untuk menghubungkan, maka tags menggunakan kata kunci yang serupa.

Anda dapat melihat konten kami dengan tags yang serupa yaitu SEO. Ini adalah salah satu contoh dari pemilihan kata kunci yang dapat dihubungkan dengan banyak konten.

Cara Menggunakan Tags

Perbedaan tag dan kategori yang paling diperhatikan adalah fungsi dan tujuan penggunaannya. Penggunaan tags akan lebih mendalam dibandingkan dengan kategori. Tags dapat menghubungkan satu post secara individu dengan post yang mirip dari segi konten. Itulah mengapa anda dapat menggunakan banyak tags khususnya pada fitur ini. Jika dilihat kembali, anda tidak dapat menggunakan banyak kategori dan hanya dibatasi 2 saja.

Penggunaan dari fitur tags bisa dicontohkan pada artis penyanyi Michael Jackson. Konten seputar Michael Jackson akan menarik banyak pembaca dari berbagai aspek. Itulah mengapa tags yang digunakan adalah seperti ‘Michael Jackson’, ‘pop culture’, ‘singing’, ‘moon walk’, dan lain lain. Semua hal ini terhubung dengan Michael Jackson yaitu topik utama pada konten.

Cara Mengatur Setting Tags

Pengaturan tags berada persis di sidebar kiri dan terletak dibawah kategori. Tekan saja tags SEO dan sebuah halaman akan menampilkan aturan mengenai tags di situs WordPress anda. Ada sedikit perbedaan tag dan kategori pada halaman pengaturan ini dan juga ada persamaan. Persamaannya adalah kedua fitur menggunakan nama dan juga slug. Jadi anda harus menentukan nama dari tags terlebih dahulu.

Anda juga bisa merapikan tags yang ada di situs anda melalui tabs ini. Jadi jika anda ingin membuang beberapa tags, ini dapat dilakukan melalui side bar tersebut. Pengaturan juga dapat mengubah nama, jumlah tags, dan beberapa tags yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara optimisasi kategori dan tag di WordPress untuk SEO

Kategori dan tags bisa digunakan untuk mengelompokkan. Namun kedua fitur tersebut juga bisa memudahkan pembaca serta membuat pembaca nyaman dengan situs anda. Setiap fitur yang ditawarkan oleh plugin seperti Yoast harus anda gunakan secara sebaik mungkin.

Keduanya dapat dimanfaatkan kalau anda mengikuti metode yang tepat. Karena jika tidak, maka ada juga dampak negatif pada SEO. Ada beberapa pengaturan yang dapat diatur terlebih dahulu sebelum kategori dan tags berfungsi sebaik mungkin.

Optimisasi Kategori di WordPress

Optimisasi kategori di wordpress harus dimulai dengan memiliki plugin Yoast SEO terlebih dahulu. Jika belum memiliki plugin satu ini, maka anda bisa install plugin terlebih dahulu. Langsung saja tekan dan cari tabs ‘Search Appearance’ pada tab yang berada dibawah Yoast SEO ketika.

Tab tersebut akan membawa anda ke sebuah halaman baru. Halaman akan terbagi menjadi 7 tabs yang berbeda. Anda hanya perlu mencari satu yang dinamakan sebagai ‘Taxonomies’. Tab ini menampilkan kategori yang dapat digunakan.

Anda hanya perlu melakukan satu hal pada tab ini. Cari pengaturan yang bertulis ‘Show categories in search results?’. Akan ada dua pilihan yaitu yes atau no. Khususnya untuk pilihan ini, anda wajib menekan no untuk mengoptimisasi kategori di WordPress.

Menekan tombol no akan meningkatkan efektifitas Google dalam mencegah kategori anda untuk diduplikasi. Ada banyak kejadian dimana kategori terindex dalam Google namun terduplikasi berkali kali. Ini akan mencegah hal tersebut untuk terjadi.

Optimisasi Tags di WordPress

Tags juga membutuhkan plugin yang sama yaitu Yoast SEO. Jadi pastikan anda sudah menginstall Yoast SEO sebelum mencoba metode ini. Mengikuti cara sebelumnya, anda harus mencari ‘Search Appearance’ yang ada pada tabs Yoast SEO. Kemudian, cari saja tab pada halaman yang bertulis ‘Taxonomies’. Pilih ‘No’ untuk optimisasi tags di WordPress.

Kesimpulan Perbedaan Tag dan Kategori di WordPress

Pada ujungnya, kategori dan tag memiliki sedikit kesamaan dan juga perbedaan. Namun kedua hal tersebut sangat penting dalam mengelompokkan konten tertentu. Kategori dan tags mungkin tidak langsung berdampak pada rating SEO di situs anda.

Tapi pembaca akan merasakan dampak tersebut secara langsung. Mengelompokkan konten harus dilakukan secara efektif supaya pembaca tidak risih ketika ingin mencari konten yang serupa atau berada di tema yang sama.

Kami sangat menganjurkan anda untuk membuat kategori atau tags yang sesuai setiap harinya. Ini akan terus meningkatkan kualitas situs anda secara keseluruhan. Cukup dengan waktu 5 hingga 10 menit saja, anda sudah bisa memperbaiki kategori serta struktur tags pada situs. Jadi tunggu apa lagi? Jangan lupakan tips yang satu ini untuk menarik lebih banyak pengguna lagi kedepannya. Selamat mencoba!