cara membuat konten seo

Para content writer atau disebut juga dengan penulis konten sering sekali kehilangan arah. Mencari ide baru terkadang sulit. Sebagai penulis, semua orang pasti sudah sering mengalami peristiwa ini bukan? Tidak perlu khawatir! Karena, megerti cara membuat konten SEO yang friendly dan berkualitas ternyata tidak susah.

Anda hanya harus mengerti fundamental dari menyusun ide menjadi kata kata. Kami juga akan merangkum beberapa tips untuk membantu teman teman semua dalam mencari ide sendiri. Mari berkarya dan belajar lebih lanjut lagi dan mengenal cara membuat konten SEO friendly.

Apa itu Cara Membuat Konten SEO?

Konten SEO atau dengan kepanjangan ‘Search Engine Optimized’ adalah konten yang original dan juga menarik. Konten ini harus ditulis tanpa ada pengulangan atau juga plagiarisme. Sebagai penulis, ini adalah tantangan untuk menjadi seseorang yang original dan tidak menduplikasi karya orang lain.

Namun, topik dan juga ide besar tetap boleh anda gunakan sebagai acuan menulis konten. Ini akan kita jelaskan dan bahas lebih lanjut lagi nantinya. Konten SEO harus mengikuti banyak aturan aturan yang membuat ranking SEO anda di WordPress nanti menjadi hijau. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil ranking SEO anda nantinya.

Faktor utama adalah jumlah kata dan juga penggunaan kata kunci. Anda harus membuat sebuah konten dengan jumlah kata yang memadai. Sekitar 500 kata hingga 2000 kata adalah target semua penulis. Jumlah kata ideal pada tahun 2020 adalah sekitar 1600 untuk mengoptimalkan kerja kata kunci dan juga ranking pada konten anda.

Secara umum, konten yang anda gunakan bisa apa saja yang penting sesuai dengan minat dan juga kreativitas pribadi. Itulah mengapa semua orang dapat menjadi penulis, namun ada aspek lain yang memacu kreativitas para penulis supaya tetap menarik pembaca.

Manfaat Mengenal Cara Membuat Konten SEO Berkualitas

Banyak penulis hanya ingin terburu buru untuk menyajikan sebuah konten tanpa banyak pertimbangan lain. Mereka ingin mengisi situs dengan konten yang belum tentu bermutu atau bisa menarik pembaca dalam jumlah yang banyak.

Di sisi lainnya, anda sebagai penulis harus bisa mengajak dan juga mempertahankan pembaca yang sudah mengunjungi situs anda. Tidak akan ada gunanya jika penulis hanya berkunjung namun tidak melakukan “Bookmark” pada situs anda. Biasanya orang yang tertarik untuk terus membaca artikel atau konten anda bisa menjadi pelanggan.

Cara membuat konten SEO berkualitas memang belum tentu menjamin traffic yang tinggi. Namun, hal yang dapat anda terima ketika membuat konten SEO berkualitas adalah standar, Standar ini berdampak untuk keseluruhan konten di situs anda. Konten yang bagus juga akan dipandang orang sebagai sesuatu yang profesional secara linguistik.

Itulah mengapa ada banyak sekali perbedaan antara penulis handal dan juga penulis yang biasa saja. Penulis handal dapat menyelesaikan konten sambil menghibur para pembaca. Jadi janganlah memposting konten tanpa mengecek terlebih dahulu kualitas dari konten yang baru saja anda tulis.

Cara Membuat Konten SEO

Mencari Topik yang Trending dan Up to Date

Topik yang trending adalah topik yang sangat terkenal di masa kini. Jika anda mengikuti perkembangan zaman, maka hal hal ini adalah seperti teknologi, dan juga konten mengenai review.

Biasanya topik tersebut memiliki daya baca dan juga jumlah pengunjung yang super tinggi. Topik sangat penting karena ini mengaitkan pembaca pada konten tersebut.

Hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung ketika sedang mencari sesuatu untuk dibaca adalah judul dan juga tema secara keseluruhan. Topik yang up to date bisa dimulai dari aktivitas anda di media sosial. Pasti ada saja sesuatu baru yang trending setiap harinya. Namun sebagai penulis, anda juga harus tetap cermat dan tidak langsung menulis sesuatu yang belum mungkin bermutu.

Click Bait Dalam Konten

Topik yang trending harus memiliki sedikit “click bait” atau pancingan di judulnya. Dengan ini, anda akan langsung menarik perhatian dan mendorong para pembaca untuk menekan artikel tersebut.

Jangan lupa untuk menjadi unik dan juga monoton. Karena orang orang yang membaca tidak ingin membaca hal yang mirip dengan apa yang telah dibaca sebelumnya. Anda bisa membuat sedikit variasi pada sebuah topik tersebut. Ini penting untuk meningkatkan minat membaca oleh para pengunjung.

Menggunakan Heading dan Sub Topik

Pembaca datang ke situs anda untuk membaca artikel dan bukanlah sebuah essai. Artikel harus di isi dengan berbagai macam fitur. Fitur yang baru dan juga unik cenderung membuat para pembaca jauh lebih minat ketika membaca. Ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan dari WordPress atau juga plugin WordPress Terbaik untuk membuat para pembaca lebih tertarik lagi.

Contohnya adalah seperti menggunakan Table of Content, video atau cuplikan video, foto, dan lain lain lagi pada artikel anda. Buatlah artikel anda semenarik mungkin dan juga interaktif. Pembaca tidak ingin membaca sebuah paragraf yang tebal sekali, melainkan hanya beberapa kata.

Jumlah kata yang optimal per paragraf adalah sekitar 50 kata hingga 150 kata. Dengan ini, pembaca anda tidak akan mudah bosan dan bahkan terus terikat pada konten. Gunakan heading sebagai alat untuk memandu para pembaca di bagian bagian tertentu. Pembaca terkadang akan kesulitan membaca sesuatu yang panjang. Sedikit struktur pada konten akan lebih bagus dan mudah untuk dibaca oleh para pembaca.

Menggunakan External Link dan Internal Link

Link adalah sumber tambahan untuk mendapatkan tambahan. Jika anda menggunakan banyak link, maka nilai SEO WordPress dari sebuah konten akan jauh lebih bagus. Pembaca ingin terus menemukan hal baru untuk dibaca.

Jika mereka sudah selesai membaca satu hal, mereka akan tertarik jika melihat sesuatu yang menangkap perhatian. Click bait atau cara menangkap perhatian tersebut datang dalam bentuk link. Jangan langsung memasang link saja.

Anda tetap harus membuat hal sesederhana link tersebut menjadi sesuatu yang menarik. Link yang ada bisa terbagi menjadi dua. Link pertama adalah internal link atau tautan dalam situs. Satu konten dapat terhubung dengan konten yang lainnya karena ada link. Link ini dipasang pada kata kunci tertentu yang berhubungan dengan konten yang lainnya. Jadi jika pembaca sudah selesai, pembaca bisa lanjut ke konten berikutnya.

External link mirip dengan internal link. Penggunaan dan juga tata cara memasangnya sangat mirip sekali. Perbedaan utamanya adalah external link merupakan cara anda untuk menghubungkan situs tersebut dengan berbagai situs lain. Situs yang ada secara online akan memasang link anda di situs mereka.

Secara tidak langsung, otoritas dari situs anda juga ditingkatkan secara drastis. Alhasil, konten yang anda posting akan lebih mudah untuk menyentuh halaman #1 di Google. Jadi jangan abaikan tips yang sangat sederhana ini.

Anti Plagiarisme dan Copy Paste

Google sangat mementingkan originalitas dari konten anda. Setiap konten harus unik gaya bahasanya. Mungkin ada beberapa gaya bahasa yang hampir mengikuti penulis lain. Sehingga ada sekian persen dari konten ada yang mengalami kemiripan. Ini tidak perlu dikhawatirkan, karena plagiarisme hanya terhitung apabila konten yang tertulis lebih dari 20% kemiripannya.

Gunakan beberapa alat yang ada di internet. Salah satu diantaranya adalah CopyScape. Alat ini terkenal untuk mengecek kemiripan konten anda dengan seluruh konten lainnya di internet. Setelah mengetahui persentase kemiripan, maka anda dapat revisi konten kembali. Cara membuat konten SEO yang ini akan membantu membuat konten anda selalu unik.

Memikirkan Ide Ide Baru Untuk Konten SEO

Cara membuat konten SEO yang berkualitas seringkali bergantung pada ide. Dan mencari ide baru adalah sebuah tantangan bagi penulis. Apalagi jika anda sudah lama menulis dan lama lama kehabisan ide. Satu hal yang dapat membantu para penulis adalah mencari sumber inspirasi baru. Inspirasi tersebut bisa datang dari berbagai tempat. Namun ide dan juga inspirasi terbaik datang dari internet.

Gunakanlah sekitar 30 menit hingga 1 jam waktu anda untuk mencari ide. Ini juga dikenal sebagai teknik brainstorming. Pada saat ‘brainstorming’, anda bisa memperluas wawasan mengenai satu ruang lingkup tema. Contohnya anda ingin menulis tentang perekonomian. Ini bisa dihubungkan dengan tema tema seperti teknologi, kehidupan sosial, dan macam macam.

Tingkatkan juga minat membaca anda dan mulai membaca berita. Berita dari sumber yang terpercaya seringkali akan melahirkan ide ide kreatif. Ide tersebut harus unik dan juga berbeda dari apa yang anda baca. Namun inspirasi tetap anda dapatkan dari berita tersebut.

Gaya Bahasa Harus Sesuai Dengan Konten

Cara membuat konten SEO berikutnya didasarkan atas gaya bahasa seorang penulis. Semua orang memiliki gaya bahasa sendiri. Keunikan tersebut membuat para pembaca tidak bosan dan selalu ingin mencari konten baru seputar suatu situs. Anda sebagai penulis memiliki tugas untuk menghibur dan memberikan informasi yang relevan pada pembaca.

Anda harus menyesuaikan gaya bahasa dengan jenis konten yang digunakan. Pada konten tertentu seperti dunia pop dan infotainment, anda dapat menggunakan gaya bahasa informal. Ini dikarenakan infotainment dan dunia pop ditargetkan untuk pembaca dari kalangan muda.

Gaya bahasa yang informal akan sangat relevan dengan para pembaca. Di sisi lainnya, ada juga gaya bahasa yang formal dan biasanya anda temukan pada berita. Topik yang berat seperti ekonomi dan juga politik menggunakan gaya bahasa formal namun tetap menghibur.

Menggunakan Keyword Dalam Konten

Semua konten SEO bergantung pada yang namanya keyword. Keyword adalah sebuah kata kunci terpilih pada konten anda. Keyword berfungsi sebagai kata kata penghubung antara hasil searching pembaca dan juga konten anda.

Ada dua jenis keyword yaitu long tail keyword dan juga short tail keyword. Kami menganjurkan anda untuk menggunakan long tail keyword karena bisa menarik perhatian para pembaca. Anda harus melakukan research keyword terlebih dahulu sebelum membuat konten ini.

Long tail keyword digunakan karena spesifik dengan topik yang ingin dibahas. Jika para pembaca memasukkan keyword yang persis atau mirip pada Google, maka konten anda akan muncul di halaman pertama. Penggunaan keyword harus disebar dari atas hingga bawah konten secara merata. Anda dapat mencoba keyword generator jika kesusahan mencari keyword yang sesuai. Sekian adalah cara membuat konten SEO friendly dan berkualitas.

Baca juga: Perbandingan Plugin Terbaik