Cara riset keyword artikel

Penentuan kata kunci yang depat dalam sebuah artikel merupakan bagian penting dalam menulis online. Dimana membantu algoritma mesin pencari lebih mudah mendefenisikan sekaligus memberi peringkat untuk pencarian yang relevan pada pengguna. Berikut adalah cara riset keyword artikel dengan tools gratis untuk Anda coba.

Memiliki ide kata kunci terencana juga membantu Anda membuat konten yang berfokus pada audiens tertarget. Jadi, jika Anda berharap mendulang lebih banyak traffic dari pencarian organik di mesin pencari, masukkan penelitian kata kunci sebagai tugas awal Anda. Sebelum memulai paragraf pertama tulisan Anda.

“Penentuan dan penempatan kata kunci yang tepat pada artikel akan membantu robot crawler memahami sekaligus memberi peringkat untuk jenis pencarian relevan”

Tulisan ini adalah bagian dari pekerjaan utama dalam teknik dasar SEO WordPress. Anda dapat membacanya untuk ulasan secara lengkap.

1. Mengenal Jenis dengan Cara Riset Keyword Artikel

Cara riset keyword atau kata kunci yang digunakan dalam sebuah artikel berbeda variasinya. Namun secara sekilas, keyword terdiri dari minimum 1 kata dan maksimum memiliki sekitar 4 hingga 6 kata. Jumlah ini tergantung dengan kata kunci apa yang sedang anda target di dalam sebuah artikel atau tulisan tersebut. Keyword terbagi menjadi dua jenis yaitu short tail dan juga long tail keyword.

Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri atas 1 hingga 2 kata kunci. Ini membuat kata kunci tersebut lumayan kompetitif karena kata kunci tersebut sangat umum. Ini bagus untuk digunakan jika situs anda sudah memiliki otoritas yang tinggi. Namun jika otoritas situs masih rendah, maka anda pun ingin melihat alternatif lain.

Alternatif lain dari short tail adalah long tail keyword yang terdiri atas 3 hingga 6 kata kunci. Kata kunci long tail ini biasanya memiliki traffic yang lebih kecil, namun bisa menghasilkan peluang pengunjung baru yang tinggi.

Sebagai seorang penulis, anda ingin menggunakan kedua gabungan keyword ini untuk mendapatkan hasil terbaik. Perpaduan antara kedua keyword pun akan melontarkan situs anda ke halaman pertama dan menjadi situs terkenal di bidang kata kunci tersebut.

2. Pelajari Niche Situs Anda

Sebagai seorang pemilik situs, anda harus bisa memahami jenis tulisan apa yang ingin dibaca oleh para pelanggan. Biasanya, anda bisa melihat apa request dan kesukaan para pelanggan dari tulisan sebelumnya. Tentunya setiap situs anda sudah memiliki tema yang luas seputar situs tersebut.

Mungkin tema tersebut bisa seputar tanaman, teknologi, berita terkini, atau juga politik. Setelah mengenal tema anda secara besar, maka anda bisa mencari topik yang jauh lebih spesifik lagi. Topik tersebut tetap harus berada dibawah ruang lingkup tema situs anda. Ini bisa dilakukan dengan melakukan sedikit research atau juga mengambil waktu sejenak untuk melakukan brain storming.

Anda bisa membuka fitur ulasan atau comment di situs untuk mengetahui apa saja pendapat para pembaca. Dengan ini, anda bisa menarik pembaca baru dan yang lebih pentingnya adalah mempertahankan pembaca supaya menjadi loyal.

Anda juga bisa bertanya pendapat ke teman teman anda mengenai sebuah topik. Apakah mereka akan melihat topik tersebut sebagai sesuatu yang menarik? Jika iya, maka anda bisa menggunakan topik tersebut sebagai judul artikel atau ide artikel.

3. Membuat Tujuan Jelas Dari Situs

Setiap situs membutuhkan tujuan yang jelas untuk mempromosikan situs mereka. Contohnya adalah, pembaca apa yang ingin anda dapatkan? Atau jenis market apa yang ingin anda kuasai. Mungkin anda ingin mendapatkan pembaca yang terdiri dari anak anak, orang dewasa, atau bahkan anak remaja.

Hal hal kecil seperti ini memperjelas tujuan dari situs anda. Kemudian anda harus melihat juga apa tujuan anda menulis dan mendirikan situs tersebut. Jika anda ingin membuat situs untuk branding, maka mulailah menulis artikel yang seputar dengan branding tersebut. Atau anda ingin membuat situs sebagai tempat review lokasi, maka membuat konten SEO bisa dibangun seputar tujuan yang jelas.

Tujuan ini akan selalu digunakan sampai situs anda sudah berkembang nantinya. Berapa pun jumlah traffic anda, anda harus terus mengikuti tujuan ini. Karena tujuan tersebutlah yang berhasil menarik perhatian dari ratusan hingga ribuan pembaca baru. Tujuan harus ditentukan dari awal dan tidak boleh berubah setelah sudah memiliki pengunjung yang ramai. Mungkin anda bisa menambahkan topik dan tema baru.

4. Membuat Daftar Topik Artikel

Untuk mendalami topik dan memperluas wawasan, anda bisa mempersiapkan topik terlebih dahulu. Para penulis tidak hanya mendapatkan inspirasi ketika berada dalam ruangan dan baru saja bersiap siap untuk menulis. Namun ada banyak penulis yang juga mendapatkan inspirasi menulis ketika sedang berada diluar rumah.

Sebagai penulis, ada banyak sekali peluang untuk anda menemukan topik baru dan juga unik. Salah satu tips yang sangat berguna dalam mencari kata kunci dan topik menulis adalah dengan membuat daftar. Ide apa saja yang anda miliki bisa langsung dituangkan ke dalam daftar tersebut. Kemudian, anda bisa melakukan seleksi terhadap topik yang paling diminati. Cara seleksi akan dijelaskan pada cara berikut.

5. Membuat Daftar Kata Kunci Umum

Setelah membuat daftar topik, inilah saatnya anda membuat daftar baru. Daftar berikutnya terdiri dari kata kunci umum. Kata kunci umum yang bisa anda temukan akan berdasarkan dari topik artikel tersebut. Contohnya jika anda ingin menulis tentang topik artikel otomotif, maka kata kuncinya adalah seperti Mobil Terbaru 2020.

Ambil saja kata kunci yang berpotensial untuk dicari oleh orang lain. Anda bisa mencoba menaruh posisi anda dari sudut pandang pembaca untuk lebih terinspirasi lagi. Pastikan bahwa kata kunci anda sudah sesuai dengan niche dan juga topik artikel tersebut. Kedua hal ini harus saling relevan.

6. Menggunakan Alat Untuk Cara Riset Keyword

Strategi terbaik dalam mencari lebih secara mendetail lagi adalah dengan menggunakan cara riset keyword tool. Keyword tool adalah website yang menawarkan anda berbagai kata kunci yang dihasilkan dari kata kunci umum. Lihat kembali daftar anda sebelumnya dan ini bisa anda gunakan untuk mencari kata kunci long tail. Ada banyak sekali jenis keyword tool di Internet. Namun salah satu yang paling terkenal adalah KeywordTool.io. Situs situs tersebut akan memberikan anda kemudahan dalam hitungan menit saja.

Setelah menggunakan keyword tool, anda akan diberikan sebuah daftar yang lebih panjang lagi. Daftar ini menampilkan beberapa keyword yang paling sering dicari oleh pembaca. Lihat saja keyword yang paling banyak trafficnya dan gunakan ini pada artikel anda.

Baca juga: PERBANDINGAN PLUGIN TERBAIK: YOAST SEO, RANK MATH ATAU ALL IN ONE SEO PACK!

7. Menggunakan Google Untuk Mencari Keyword

Google adalah search engine yang paling mudah untuk mencari keyword. Jika anda tidak ingin pusing dan menghabiskan banyak uang, maka gunakan saja teknik yang satu ini. Untuk mencari keyword di google, anda harus menggunakan keyword umum terlebih dahulu. Pergi ke halaman utama Google dan isilah search bar Google dengan kata kunci umum tersebut.

Setelah mengetik kata kunci umum, anda tidak perlu menekan tombol enter. Tunggu sejenak dan lihat saja semua kata kunci yang muncul. Google akan memberikan anda rekomendasi mengenai topik yang ingin ditulis. Rekomendasi ini adalah hasil pencarian dari Google. Semua rekomendasi tersebut tentunya memiliki daya tarik yang tinggi bagi para pembaca.

Gunakan ini sebagai referensi untuk artikel anda. Anda tidak perlu mengikuti semua judul yang sama. Melainkan hanya menggunakan beberapa kata kunci yang tertera dari hasil searching Google saja. Berikutnya, anda hanya perlu memilih salah satu atau beberapa kata kunci dan kata kunci siap untuk digunakan. Ini adalah cara riset keyword yang paling ampuh.

8. Menggunakan Instinct Sebagai Seorang Pembaca

Cara paling mudah yang tidak membutuhkan banyak alat adalah dengan menggunakan perasaan atau firasat. Coba posisikan diri anda sebagai seorang pembaca. Lihat apa yang anda minati dan apa yang anda ingin ketahui.

Biasanya, dari ini saja anda bisa mencari topik dan juga ide baru. Ide baru ini bisa anda kembangkan terlebih lagi nantinya. Namun mengikuti cara ini, para penulis juga menemukan tema yang sesuai dengan minat. Topik yang disukai para penulis pasti akan memudahkan anda untuk mendalami topik tersebut.

Sebagai seorang penulis, anda harus mencari topik yang sedang trending. Trending topik akan menjadi materi dan juga kata kunci yang panas. Ini menghasilkan traffic yang tinggi pada kata kunci seperti berita atau juga trend media sosial. Segala jenis tema pasti memiliki topik yang sedang trending. Jika perlu, anda bisa melihat media sosial terlebih dahulu untuk mendapatkan inspirasi tambahan.

9. Memanfaatkan Long Tail Keyword Sebagai Keyword Utama

Situs yang baru saja memulai dan belum memiliki traffic perlu menggunakan strategi. Beberapa diantaranya adalah strategi topik klaster dan juga konten pillar. Namun dengan semua konten yang anda tulis, hal terpentingnya adalah peletakkan kata kunci dan juga penyebaran kata kunci. Kata kunci yang paling efektif untuk menarik traffic yang kecil adalah long tail keyword. Long tail keyword ini biasanya sangat spesifik mengenai konten.

Gunakan cara riset keyword sebanyak mungkin tapi ingat tentang relevansi sebuah keyword. Anda juga dapat menyebar kata kunci secara merata untuk meningkatkan efektivitas dari kata kunci tersebut. Long tail keyword hanya boleh digunakan sekali pada satu topik artikel dan tidak boleh diulangi pada artikel anda yang lainnya.

10. Mengetahui Long Tail Keyword Para Kompetetor

Semua orang telah mengetahui bahwa keyword merupakan hal penting dalam konten. Banyak situs lain juga menggunakan teknik yang sama, namun hanya menggunakan kata kunci yang berbeda. Teknik ini wajar saja dimanfaatkan oleh banyak orang terutama bagi website website baru. Sebagai sebuah penulis konten, anda akan menemukan banyak sekali saingan.

Saingan ini akan berlomba lomba untuk mendapatkan traffic di situs mereka. Anda bisa menggunakan ini sebagai suatu keunggulan. Cari saja keyword yang digunakan oleh situs lain dan anda bisa menggunakan keyword tersebut sebagai inspirasi. Ini sering dilakukan oleh banyak situs baru untuk mengambil keyword terbaik. Sehingga traffic di situs anda akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah semua cara riset keyword untuk seorang penulis. Semoga artikel ini dapat membantu anda meningkatkan traffic situs. Pastikan anda memadukan semua cara ini untuk memaksimalkan angka pembaca yang datang. Semoga situs anda dapat berkembang dan meraih traffic yang tinggi.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Website