4 Tips Instagram Untuk Bisnis Membuat Brand Meledakkan di Pencarian

Secara sederhana, platform instagram diartikan sebagai tempat promosi dan pemasaran paling efektif. Banyak bisnis modern memiliki akun instagram khusus. Bahkan, berbagai fitur instagram diupgrade guna mengoptimalkan pemasaran digital. Dalam pembahasan kali ini akan mengungkap berbagai tips instagram untuk bisnis yang membuat brand meledak.

Anda tidak perlu ragu mencobanya karena tips-tips berikut ini terbilang sederhana. Selain itu, dalam menggunakan instagram untuk bisnis tidak perlu berlebihan. Justru tampilan yang sederhana tetapi menarik mampu meningkatkan engagement dan pengikut.

Kini platform instagram menjadi alat terbaik membangun bisnis berskala kecil hingga besar. Terutama platform instagram dilengkapi berbagai fitur pemasaran dan promosi yang berbeda dari platfom lain. Alhasil, perusahaan dapat mempromosikan produk maupun layanan lebih cepat dan tepat sasaran.

Instagram Untuk Bisnis Menjangkau Audiens Lebih Luas

Banyak brand terkemuka menggunakan akun instagram untuk mempublikasikan produknya. Sehingga tidak mengherankan jika Anda menemukan brand kelas atas di instagram. Misalnya, Gucci, Coco Channel, Dior, Nike, dan lainnya. Brand kelas atas semacam ini dapat menjangkau pembeli dari berbagai belahan dunia.

Alhasil instagram official mereka dibanjiri pengunjung dan akhirnya berminat membeli produknya. Sama halnya dengan brand menengah, tentunya memiliki tujuan menjangkau audiens. Oleh karena itu, alternatif menarik audiens dan pembeli dengan mengoptimalkan konten.

Mereka akan senantiasa mengupdate story dan label instagram dengan produk terbaru. Termasuk juga memanfaatkan fitur polling instagram, tag, geotagging, label yang dapat dibeli, dan lainnya.

Konsistensi mengupdate konten inilah yang membuat brand semakin dikenal. Ingat sebuah brand yang meledak di pasaran biasanya disebabkan karena sesuatu yang viral. Misalya jargon, video, hashtag, dan cerita behind the scene.

Baca juga : 36 Hack Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis

Tips Instagram Untuk Bisnis, Paling Worth it!

Menjalankan instagram untuk bisnis bukan hal yang gampang. Diperlukan strategi khusus seperi penjualan dan promosi konvensional. Untuk itu simak tips instagram untuk bisnis Anda berikut ini.

1. Tips Instagram Untuk Bisnis Jangan Berlebihan

Segala sesuatu yang dibuat berlebihan tidak baik. Coba perhatikan akun instagram favorit yang memiliki jumlah pengikut sangat banyak. Biasanya akun tersebut tidak memposting konten setiap hari. Bahkan, memiliki jarak beberapa hari ketika memposting feed instagram.

Kemungkinan besar, Anda tidak mendengar kabar dari akun instagram brand tersebut setiap hari. Ingat ketika menggunakan instagram untuk bisnis, sangat penting menemukan keseimbangan postingan.

Memposting terlalu banyak konten dapat menyebabkan pengikut bosan dan akhirnya mematikan update instagram Anda. Sementara, memposting terlalu sedikit justru membuat pengikut mudah melupakan Anda.

Untungnya, instagram telah mempermudah penyeimbangan waktu update feed instagram. Beberapa waktu lalu instagram merilis fitur stories. Sehingga dalam satu kali feed memungkinkan mengunggah hingga 10 konten gambar dan video.

Anda pun akhirnya memiliki cara tetap terhubung dengan audiens tanpa membombardir dengan posting yang terlalu banyak. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus memposting feed instagram. Hanya saja Anda perlu memperhatikan mana postingan berkualitas dan paling ditanggapi oleh audiens.

Caranya diawali dengan mempostinga feed sebanyak tiga atau empat kali dalam satu minggu. Apabila jumlah pengikut semakin banyak baru dapat meningkatkan intensitas postingan. Misalnya menjadi dua kali sehari atau setiap hari.

2. Hashtag Untuk Meningkatkan Engagement Pengikut

Lakukan juga penyematan hashtag agar pengikut terlibat dalam setiap postingan Anda. Usahakan menarik pengikut dan audiens untuk membagikan apa yang diposting akun instagram Anda.

Baik itu memposting gambar maupun story melalui akun mereka. Hindari memposting secara berlebihan karena akan membuat gerah pengikut Anda. Menggunakan hashtag dikategorikan sebagai cara organik untuk mendorong growth akun instagram.

Terlebih lagi jika banyak pengikut yang memposting menggunakan hashtag Anda. Hal tersebut diartikan bahwa pengikut turut mempelajari tentang perusahaan Anda. Inilah yang dinamakan iklan gratis yang disediakan oleh instagram.

Jangan ragu membuat hashtag interaktif dan mudah diingat. Sehingga menjadi cara efektif mengasosiasikan diri dengan target audiens instagram.

Contohnya dengan membuat konten foto dengan objek kotak pos brand tertentu. Supaya terlihat menarik harus diedit sebagus mungkin. Disamping itu, fokuskan kepada logo produk untuk menunjukkan autentifikasi.

Melalui konten foto inilah Anda menampilkan gambaran tentang kualitas produk. Pada caption postingan juga dibubuhi dengan hashtag yang relevan agar menarik perhatian. Cara satu ini disinyalir efektif membangun reputasi brand.

3. Menjalin Kemitraan

Sebagian besar pengguna instagram rentan usia 18 hingga 29 tahun. Masa-masa usia ini dikenal dengan sebutan kaum milenial. Tahukah Anda banyak dari kaum milenial yang menyukai nuansa kapitalisme. Seperti menyukai gagasan yang digunakan perusahaan untuk memberi kembali.

Ingatlah saat memasarkan produk atau layanan kepada Milenial melalui instagram mereka mengharapkan perusahaan memiliki tujuan otentik. Para milenial juga menilai nilai-nilai perusahaan yang dilekatkan pada produk dan terlihat menarik.

Khususnya dalam mempublikasikan produk dan layanan Anda. Apa saja feedback yang diperoleh dari perusahaan. Dari sini Anda dapat berinisiatif menjalin kemitraan melalui badan amal.

Adapun contoh menjalin kemitraan melalui badan amal dilakukan oleh Tyler Blevins yang dikenal dengan nama Ninja. Akun instagram miliknya diikuti oleh 14 juta pengikut. Tyler Blevins mengemukakan kampanye sensasional yakni mengumpulkan uang untuk membangun Rumah Sakit St. Jude,.

Bahkan dalam Tyler setuju untuk membuat tato dengan kata “Ninja” dalam bahasa Jepang. Tato tersebut dibuat sebagai imbalan atas sumbangan yang diperoleh. Melalui kampanye sensasional ini, Tyler akhirnya berhasil mengumpulkan sumbangan $ 300.000.

Sama halnya ketika perusahaan melakukan pemasaran e-commerce dari Instagram. Sudah pasti audiens mengharapkan feedback dari Anda. Baik itu feedback yang mereka nikmati langsung atau berpengaruh positif kepada orang lain.

4. Menciptakan Ide Kreatif

Ingin akun instagram Anda meledak di mesin pencarian? Salah satu cara terbaik dengan menciptakan berbagai konten menarik dengan konsep out of the box. Ide kreatif digunakan untuk menjangkau audiens dari berbagai penjuru dunia.

Banyak orang menciptakan konten menarik agar mengugah hati pengikutnya. Terutama membuat audiens merasa menjadi bagian dari komunitas instagram Anda. Ide konten kreatif dapat dibuat oleh Anda sendiri maupun menggunakan jasa content creator.

Menciptakan ide kreatif artinya harus dilakukan secara konsisten. Sebagai contoh perusahaan Microsoft yang memiliki akun instagram. Sudah pasti perusahaan ini tidak dapat memposting foto komputer setiap hari.

Akhirnya Microsoft menemukan cara membuat konten yang menarik. Dimana perusahaan ini tidak hanya menunjukkan produk microsoft, melainkan tempat kerja, teknisi, pendiri, dan berbagai penyelenggaraan acara.

Kesimpulan Tips Instagram Untuk Bisnis

Setelah menyimak berbagai tips instagram untuk bisnis diatas dapat disimpulkan bahwa masing-masing strategi branding dan pemasaran perusahaan berbeda-beda. Anda dapat menemukan jalan sendiri untuk menarik audiens dan membuat mereka jadi pelanggan.

Sejak awal pikirkan alasan Anda menggeluti bisnis tersebut. Ingat bahwa didunia ini tidak ada orang yang menjalankan bisnis yang tidak disukai. Melalui instagram cobalah mencari cara komunikasi agar hubungan perusahaan dengan audiens terbina dengan baik.