plugin wordpress terbaik

Jika Anda membangun website berbasis CMS wordpress, Anda membutuhkan plugin optimasi gambar terbaik. Sehingga kecepatan loading situs menjadi lebih cepat.

Gambar memiliki peranan penting dari sisi desain. Karena dapat memberi jutaan cerita pada pengguna. Oke, kita harus sepakat tentang ini.

Namun, gambar akan memberi beban lebih yang berpengaruh pada kecepat loading situs. Solusinya adalah gambar harus dikompresi terlebih dahulu, sebelum diupload. Plugin optimasi gambar terbaik ini akan membantu melakukannya secara otomatis.

Plugin Optimasi Gambar Terbaik WordPress

Mari kita langsung saja untuk memulai. Berikut adalah beberapa opsi plugin optimasi gambar yang dapat Anda pilih. Gunakan salah satunya. Karena 2 plugin atau lebih untuk fungsi yang sama, bukan berarti akan memberi efek hebat. Justru akan memberi beban tinggi. Alih-alih menjadi cepat, situs Anda akan menjadi lebih lambat dari sebelumnya.

1. Smush Image

Plugin Optimasi Gambar Terbaik WordPress

Smush Image adalah plugin terbaik pertama yang dapat Anda pilih untuk mengoptimalkan gambar. Baik secara secara individual atau secara massal. Plugin ini tersedia versi gratis dimana telah memungkinkan untuk kompresi gambar berukuran 1MB. (untuk lebih besar, atau 5MB gunakan versi berbayar)

Ini adalah plugin WordPress Terbaik untuk optimasi gambar yang mudah untuk pemula. Jika menginstal plugin ini, Anda hanya perlu mengaktifkannya lalu setting ke Pengaturan> Media. Maka secara otomasi plugin ini akan mengoptimalkan semua gambar Anda yang ada. 

Gambar baru apa pun yang Anda unggah akan dioptimalkan secara otomatis selama plugin terpasang.

2. Optimus

Optimus-plugin

Optimus adalah plugin untuk mengoptimalkan gambar yang cukup hebat. Dan jika bandwidth menjadi perhatian terbesar Anda, plugin ini akan mengupload gambar 70% server Optimus. Lalu, mengirimkan versi baru yang lebih kecil untuk digunakan di situs Anda.

Hebatnya lagi, walau pun gambar sudah di kompress itu tidak mengubah kualitas. Plugin ini bekerja secara otomatis memproses gambar saat diunggah. Juga tersedia opsi untuk menghentikan pengoptimalan otomatis, jika diinginkan.

3. EWWW Image Optimizer

Fungsi EWWW mirip dengan Smush Image karena secara otomatis mengoptimalkan gambar saat Anda mengunggahnya ke situs Anda. Tidak hanya itu, juga tersedia opsi untuk mengoptimalkan gambar yang diunggah sebelumnya juga.

4. ShortPixel Image Optimizer

ShortPixel menawarkan dua solusi penting untuk mengkompres gambar. Yaitu;

  • Lossless – Semua bit data dikompresi.
  • Lossy – Gambar dikompres dengan menghilangkan data yang berlebihan, menghasilkan ukuran file menjadi lebih kecil.

Bagian terbaik dari plugin ini adalah ia menyimpan salinan asli gambar, membuatnya mudah dipulihkan jika diperlukan.

5. Compress JPEG & PNG Images

Compress JPEG & PNG Images

Compress JPEG & PNG Images secara otomatis mengoptimasi gambar dengan cara mengintegrasikan situs Anda dengan layanan kompresi gambar populer TinyJPG dan TinyPNG. 

Alat ini menganalisis konten gambar secara canggih dan memilih strategi kompresi terbaik tanpa mengurangi kualitas. Termasuk mengompresi metadata, distracting artifacts dan menghapus data yang berlebihan.

6. Imsanity

Imsanity-Plugin-Kompresi-gambar-terbaik

Imsanity adalah plugin kompresi gambar yang unik. Dimana Anda dapat menentukan lebar, tinggi, dan tingkat kualitas maksimal, serta akan mendeteksi dan memampatkan secara otomasi gambar apa pun yang melebihi parameter tersebut.

Plugin ini ideal untuk situs web yang memiliki persyaratan gambar yang tidak terlalu ketat. Ini juga menawarkan fitur pengubahan ukuran massal untuk gambar yang diunggah sebelumnya. Tidak hanya itu, Imsanity dapat mengonversi jenis file yang kurang dioptimalkan (seperti BMP dan PNG) ke format JPG.

7. Imagify

Imagify-Plugin-untuk-meringankan-gambar-terbaik

Imagify adalah plugin optimasi gambar yang kompatibel dengan WooCommerce, Galeri NextGen, dan plugin lainnya. Ini sangat ideal jika Anda memiliki situs yang banyak gambar. Termasuk situs toko online.

Imagify bekerja dengan mengompresi ketika dalam tahap upload. Anda dapat memilih cara kompresi berdasarkan tiga tingkat yaitu; normal, agresif, dan ultra. Sehingga memberi lebih banyak kekuatan pada tingkat kualitas dan ukuran file outputnya. Selain itu, Imagify memiliki opsi cadangan di mana Anda dapat memulihkan versi asli, jika dibutuhkan.

8. reSmush.it Image Optimizer

reSmush.it Image Optimizer adalah plugin WordPress resmi untuk kompresor gambar reSmush.it yang mendukung tidak hanya WordPress tetapi juga Drupal, Joomla, Magento, Prestashop, dan banyak lagi. 

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mengompres gambar hingga 5MB secara gratis, dan Anda dapat mengoptimalkan gambar secara massal hanya dengan 2 klik. Ini membuat salinan dari gambar asli dan mengerjakan salinan itu untuk kompresi, memastikan bahwa Anda tidak pernah kehilangan aslinya. 

9. WP Retina 2x

WP Retina 2x adalah plugin yang mengkhususkan diri dalam membuat gambar untuk setiap perangkat. Ini dilakukan melalui metode Gambar Responsif dan PictureFill yang membuat file gambar yang diperlukan dan kemudian menampilkannya kepada pengunjung Anda sesuai dengan perangkat yang digunakan. 

Ia juga menawarkan fitur Lazy Loading, yang sangat penting untuk membantu kecepatan memuat halaman.

10. Kraken.io Image Optimizer

Kraken.io Image Optimizer adalah plugin resmi yang bekerja dengan API Kraken.io. Kraken merupakan solusi pengoptimalan gambar di samping fitur lain seperti Page Cruncher dan kompatibilitas Dropbox. 

Plugin itu sendiri secara otomatis mengubah ukuran gambar saat diunggah berdasarkan dimensi maksimum yang ditentukan, dan memiliki menu kompresi secara massal untuk menangani beberapa gambar sekaligus. Pengoptimalan dilakukan melalui infrastruktur Kraken dan menambahkan output ke perpustakaan WordPress Anda.

Cara mempercepat loading website

Semua situs yang mendapat peringkat dan sukses, pasti berkualitas tinggi. Baik dari sisi konten maupun desain atau tata letak. Tidak hanya itu, website harus berfokus pada pengguna. Harus lebih mudah untuk diakses.

Beban loading adalah bagian paling penting untuk segera ditangani. Selain itu, kecepatan akses situs juga berdampak hebat pada SEO!

Jadi, mari kita lihat plugin WordPress terbaik untuk optimisasi agar situs menjadi lebih ringan.

WP Rocket

Plugin WordPress terbaik pertama kita adalah WP Rocket. Plugin ini sudah dipercaya sebagai salah satu plugin terbaik di dunia. WP Rocket menawarkan fitur all in one yang bisa melengkapi semua kebutuhan anda. WP rocket bisa membantu anda dimulai dari caching setiap halaman website hingga optimisasi performa. Ketika sudah diaktivitas, pemilik situs akan langsung diberikan 3 fitur khusus yaitu:

  • Pagi caching
  • Browser caching
  • Gzip compression

WP Rocket juga menggunakan tampilan yang mudah untuk dimengerti oleh semua orang. Setiap plugin tentunya mempunyai interface yang unik dimana anda bisa mengubah aturan aturannya. Interface dari WP Rocket bisa mengakses Lazy loading, database optimization, dan lain lain.

Menurut kami, WP Rocket adalah pilihan utama dalam memasang plugin SEO WordPress. Anda akan membutuhkan plugin yang mudah untuk digunakan terutama jika anda masih pemula. Hal yang biasanya dicari oleh para pengguna baru adalah tampilan yang sederhana. Kesederhanaan ini dapat dilihat dari peletakan tombol sampai penjelasan setiap fitur.

Plugin WP Rocket juga meminimalisir terjadinya error karena tidak kompatibel. Karena WP Rocket adalah all in one plugin. Untuk menginstall plugin ini, anda hanya perlu mempersiapkan uang setidaknya $49. Harga dimulai dari $49 cukup sebanding dengan kualitas yang anda dapatkan.

Perfmatters

Selain hal hal seperti page caching, ada juga bagian lain dari situs yang harus dioptimisasi. Perfmatters berfungsi sebagai plugin yang multi guna namun juga sederhana. Perfmatters bisa membantu anda untuk mematikan fitur yang tidak terpakai oleh situs WordPress.

Contohnya adalah seperti font emoji, nomor versi WordPress, dashicons dan lain lain lainnya. Hal ini sangat kecil dan jarang sekali diperhatikan oleh pemilik. Dengan melakukan ini, pengguna dapat menghapus permintaan HTTP yang tidak berguna.

Plugin Perfmatters sangat kuat karena memiliki alat untuk mengatur script pada sebuah situs. Fitur ini bisa menampilkan Java Script atau CSS pada halaman tertentu. Berikut adalah jenis performa yang dapat diatur oleh Permatters:

  • Preconnect
  • Lazy loading gambar
  • HTML DNS Prefetch

WP Fastest Cache

Selanjutnya, kita akan menampilkan salah satu plugin WorPress terbaik dengan rating tertinggi di internet. Plugin WP Fastest Cache memiliki rating hampir sempurna yaitu 4.9 bintang. Plugin yang satu ini sudah tidak asing lagi hadir di market plugin.

Ditambah lagi, plugin ini juga merupakan plugin cache yang gratis. Jadi anda dapat menggunakan WP Fastest Cache tanpa membayar sedikitpun. Secara singkat, plugin ini lebih dari cukup untuk membantu anda dalam mengoptimalkan kecepatan website. Versi yang gratis menawarkan beberapa fitur berikut ini:

  • Kompresi Gzip
  • Cache Brwoser
  • Meringankan HTML dan CSS
  • Alat untuk integrasi CDN

Fitur dari WP Fastest Cache juga jauh lebih banyak lagi apabila anda membeli premiumnya. Berikut adalah semua fitur tambahan yang dimulai dari harga $59.

  • Optimisasi gambar
  • Optimisasi database
  • Minifikasi untuk JavaScript
  • Lazy loading
  • Pengaturan Google Fonts async

WP Super Cache

Salah satu plugin cache lain yang gratis adalah WP Super Cache. Plugin ini datang dari perusahaan Automattic, yaitu anak perusahaan dari WordPress sendiri. Ini termasuk ke salah satu plugin WordPress terbaik untuk optimisasi semua aspek dari situs anda.

Satu fitur unik yang anda dapatkan dari WP Super Cache adalah kesederhanaan. Jika anda memang pengguna baru, maka inilah solusinya. Beda dengan beberapa plugin lain, plugin ini hanya membutuhkan anda untuk mencentang satu kotak saja. Kemudian semuanya akan dilakukan secara otomatis untuk anda.

Plugin WP Super Cache tentunya tidak menghalang pemilik situs untuk melakukan pengaturan di situs. Ada yang dinamakan advance settings area. Beberapa fitur tersebut adalah caching, pengajaran cara mengcache konten, dan juga update cache. Plugin ini 100 % gratis dan tidak memungut biaya sama sekali. Jadi jangan sampai anda melewatkan plugin yang satu ini.

W3 Total Cache

Plugin yang terkenal dan wajib disebut sebagai plugin WordPress terbaik adalah W3 Total Cache. Seperti yang sebelumnya, cache ini juga gratis di WordPress. Namun kesederhanaan yang anda lihat sebelumnya tidak akan ditemukan di plugin W3 Total Cache. Plugin ini menawarkan setting yang kompleks.

Pengguna yang baru saja bergabung di dunia SEO dan WordPress akan kesusahan jika menggunakan plugin yang satu ini. Ini dikarenakan plugin ini memberikan pengguna kebebasan untuk mengatur seperti fragment caching, caching objek, caching database, caching browser, hingga halaman sekalian juga bisa di cache. Jika anda merupakan developer atau pengguna yang sudah mahir, maka inilah pilihan gratis terbaik yang ada di pasar plugin.

WP Optimize

WP Optimize adalah plugin WordPress terbaik yang memiliki tujuan sederhana. Tujuan tersebut adalah untuk mempercepat situs anda dan membuatnya efisien. Plugin ini merupakan perkembangan dari sebuah plugin yang awalnya fokus pada optimisasi database. Kemudian plugin ini berubah dan terus ditambahkan fitur baru. Sampai saat ini, plugin WordPress WP Optimize bisa mengoptimisasi dalam hitungan beberapa menit saja.

Hal yang anda dapatkan jika menggunakan plugin WordPress terbaik yang gratis dari WP Optimize adalah:

  • Caching Halaman
  • Kompres Foto
  • Melakukan kompres Gzip

Fitur tidak hanya berhenti disitu. Berikut adalah fitur premium yang bisa anda beli dimulai dari harga $39 per tahunnya. Fitur tambahan untuk plugin versi premium ini bertujuan untuk mengoptimisasi database.

  • Membersihkan database secara rutin
  • Membuang foto tidak berguna
  • Lazy load foto
  • Optimisasi otomatis setiap tabel database

Ini adalah plugin yang cocok jika anda memiliki website dengan optimisasi yang difokuskan pada database. Dengan plugin ini, anda bisa mempercepat loading website.

Autoptimize

Plugin anti mainstream yang dikenal dengan Autoptimize adalah plugin yang gratis. Plugin ini membantu optimisasi HTML, CSS, dan JavaScript di website anda. Salah satu keunikan dari plugin ini adalah Autoptimize tidak memiliki page caching. Namun autoptimize menggunakan 2 taktik yang berbeda untuk mempercepat website anda.

Fitur pertama dari Autoptimize adalah istilah “minification”. Minifikasi adalah proses dimana koda dalam sebuah situs diperkecil. Ukuran kode dapat diperkecil tanpa mengubah fungsi atau merusak kode tersebut. Autoptimize bisa digunakan untuk menghilangkan karakter yang tidak dibutuhkan. Ada juga garis dan spasi yang ternyata tidak dibutuhkan dan dapat dihapus. Autoptimize akan mengoptimisasi website anda dari segi tersebut.

Fitur kedua dari autoptimize disebut dengan “concatenation”. Proses yang dikenal sebagai “concatenation” berfungsi untuk mengecilkan angka permintaan dari website. Angka permintaan tersbut digabung dalam file yang berbeda dan di kompres. Sehingga file pun akan lebih ringan.

Asset CleanUp

Optimisasi bisa dilakukan dari berbagai aspek. Salah satu aspek tersebut adalah optimisasi script website. Mirip dengan Perfmatters, Asset Cleanup dapat mengatur jumlah scripts yang anda butuhkan. Jika tidak dibutuhkan, anda dapat membatasi namun tidak menghapus script tersebut.

Fitur ini sangat sederhana namun terbukti berguna untuk mempercepat website. Website yang besar biasanya memiliki banyak script di setiap halamannya. Asset CleanUp bisa membersihkan script yang tidak digunakan supaya tidak menumpuk di website anda. Berikut adalah fitur tambahan saat anda menggunakan AssetCleanup secara gratis:

  • Minification
  • Concatenation File
  • Menghilangkan emoji dan dashicon
  • Membatasi script
  • Optimisasi Google Fonts
  • Preloading file penting

Lazy Load by WP Rocket

Plugin terakhir adalah plugin yang ekstra. Plugin WordPress terbaik ini gratis dan disediakan oleh tim WP Rocket team. Plugin ini hanya memiliki satu fungsi yaitu untuk lazy loading. Lazy loading adalah teknik optimisasi untuk konten foto atau video. Biasanya, konten yang leibh berat akan ditayangkan lebih lama dibanding dengan konten dalam bentuk teks.

Lazy load membantu anda untuk membuat halaman lebih cepat ketika dibuka. Ini dikarenakan halaman yang dibuka oleh para pengunjung tidak akan menayangkan foto atau video sampai di scroll kebawah. Berikut adalah konten yang bisa anda “lazy load” menggunakan plugin ini:

  • Foto
  • iFrames
  • Video dari Youtube

Kesimpulan

Itulah beberapa plugin optimasi gambar terbaik dan plugin untuk mempercepat loading situs. Sekali lagi, Anda tidak harus menggunakannya semuanya. Pilih salah satu atau beberapa yang benar-benar penting.

Penggunaan plugin yang berlebihan justru akan meningkatkan loading situs.

Baca juga: CARA VERIFIKASI GOOGLE SEARCH CONSOLE DI WORDPRESS