cara mendapatkan SSL gratis

Ketika Anda mencari cara mendapatkan SSL gratis dari Let’s Encrypt, saat ini Anda telah berada dihalaman yang tepat. Artikel ini akan membantu untuk mendapatkan hingga teknik install SSL dari Let’s Encrypt.

Sertifikat SSL saat ini sudah dapat dikatakan salah satu kebutuhan penting dalam mendirikan situs. Fungsi utamanya adalah meningkatkan sistem keamanan dalam proses pertukaran data. Ini penting terutama saat data dipindahkan dari klien ke server.

Sertifikat SSL/TLS (HTTPS) memang tidak memberi point yang banyak. Karena masih ada hal lain seperti membuat konten SEO berkualitas untuk meningkatkan poin. Namun, menjadi salah satu faktor penunjang SEO. Ini pernah dibahas pada artikel sebelumnya; panduan SEO wordpress untuk pemula.

Secara umum untuk mendapatkan sertifikasi SSL, Anda harus merogoh ‘kocek’ sekitar $200 keatas. Beberapa hosting menawarkan layanan SSL gratis.

Tapi, jika kedua alternatif diatas tidak Anda dapatkan, mendapatkan SSL gratis dari Let’s Encrypt bisa menjadi solusinya.

Berikut adalah cara mendapatkan SSl gratis dari Let’s Encrypt;

Apa itu SSL Let’s Encrypt?

Cara mendapatkan SSL gratis bisa terjadi dalam banyak cara. Sebelum mendalami cara cara tersebut, mari kita kenali dasar dari SSL itu sendiri. SSL adalah kepanjangan dari ‘Secure Sockets Layer’. Alat ini telah dipercayakan oleh situs untuk menjaga keamanan dan sekuritas dari sebuah situs.

Contoh paling umum dari aplikasi SSL adalah menggunakan alamat website. Saat anda pergi ke sebuah website, alamat akan berubah dari HTTP menjadi HTTPS. Huruf ‘S’ pada situs tersebut mengindikasikan bahwa anda aman untuk masuk ke situs terpilih.

Satu satunya cara untuk menjadi situs bisa menjadi ‘secure’ adalah dengan sertifikasi SSL. Let’s Encrypt merupakan salah satu diantara beberapa SSL gratis. Let’s Encrypt juga sudah dianggap sebagai sertifikasi otoritas terbuka atau certificate authrity (CA). Alat Let’s Encrypt telah disponsori oleh perusahaan besar diseluruh dunia.

Anda mungkin sudah pernah dengar beberapa diantaranya yaitu Cisco, AKAMAI, Facebook, dan juga Google Chrome. Hasil dari sponsor ini membuat pilihan SSL gratis bagi para pemilik situs. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 juta sertifikasi dari SSL Let’s Encrypt.

Baca juga: CARA SETTING PLUGIN ALL IN ONE SEO PACK UNTUK HASIL MAKSIMAL

Cara Mendapatkan SSL Gratis dari Let’s Encrypt

Cara mendapatkan SSL sangat mudah untuk dilakukan. Ini dikarenakan SSL gratis sudah diberikan kepada publik secara gratis. Tidak ada syarat atau ketentuan tertentu untuk menerima SSL dari Let’s Encrypt. Anda membutuhkan perangkat lunak khusus yang menggunakan ACME protokol. Software atau perangkat lunak ini biasa digunakan dalam host web situs anda.

Kami akan menampilkan metode yang mudah untuk diikuti. Metode dapat diikuti sesuai tahapan yang sudah ada di cara berikut. Ada metode yang menggunakan shell atau control panel secara langsung. Beberapa diantaranya adalah seperti cPanel,WordPress, dan juga Plesk.

Cara Menginstall Let’s Encrypt

Untuk menginstall, kami menggunakan Linux sebagai salah satu contoh sistem operating. Anda bisa menggunakan server lain juga. Pertama tama, login ke dalam server Linux. Cari folder yang ingin digunakan untuk menempatkan Let’s Encrypt.

Kemudian, anda harus mencari git repository dari let’s encrypt. Github adalah situs yang digunakan untuk mencari kode, program, dan lain lain. Anda bisa mengikuti link berikut untuk membuka.

https://github.com/letsencrypt/letsencrypt

 Ketika sudah berada berada di dalam server, anda harus menginstall menggunakan command. Command yang digunakan adalah “install git” untuk memulai. Kemudian anda akan menemukan folder baru di tempat yang telah dituju sebelumnya. File ini akan bernama “letsencrypt”. Untuk menjalankan file “letsecrypt”, anda harus menggunakan command berikutnya yaitu /letsencrypt-auto.

Command ini akan mengeksekusi dan install semua folder yang dibutuhkan untuk sertifikasi SSL. Cara mendapatkan SSL gratis berikutnya diikuti dengan memilih nama domain. Jangan lupa untuk menunggu, karena menginstall kadang membutuhkan waktu yang lama.

Pilih nama domain dan isi alamat email yang sesuai untuk mendapatkan kunci recovery. Kunci ini harus anda simpan supaya bisa digunakan jika terjadi kehilangan sertifikasi. Kemudian akan ada “Terms of Service”. Anda hanya perlu menekan agree dan lanjut ke tahap selanjutnya. Di tahapan selanjutnya, anda diberikan dua pilihan yaitu “Easy” atau “Secure”. Pilih “Secure” untuk meningkatkan keamanan di situs anda, dan situs hanya beroperasi sebagai HTTPS.

Validasi Let’s Encrypt Untuk Otoritas Situs

Setelah mengikuti langkah diatas, anda akan sudah berhasil menginstall sertifikasi SSL di domain. Namun langkah belum berakhir sampai itu saja. Instalasi diikuti dengan proses validasi. Untuk melakukan validasi, anda harus membuka DST Root CA X3. Ini bisa diakses dari URL HTTPS. Akan halaman yang bertulis “Let’s Encrypt Authority”. Tekan “OK” dan sertifikasi telah berhasil dilakukan untuk situs anda.

Proses keseluruhan dari cara mendapatkan SSL gratis terbagi menjadi dua. Instalasi dan juga validasi ketika ingin diaplikasikan ke dalam situs. Langkahnya sangat mudah bukan? Setelah anda sudah memiliki sertifikasi SSL, jangan lupa untuk testing kembali. Menguji keamanan dari situs dan mencari kelemahannya sangat penting untuk menghindari serangan cyber.

Mengapa Situs Membutuhkan SSL?

Banyak aktivitas sehari hari dilakukan secara online. Dalam aktivitas tersebut, hal hal seperti pertukaran informasi, data penting, dan juga sensitif akan terjadi. Para pemilik situs harus bisa menjaga situs mereka supaya tidak diserang oleh pihak yang tidak diketahui. Berikut adalah 3 hal yang bisa anda dapatkan dari SSL:

  • Enkripsi: Hal paling penting bagi semua keamanan situs adalah enkripsi. Enkripsi adalah proses dimana sebuah informasi diubah menjadi kode kriptografik. Sehingga kode tersebut tidak dapat dipecahkan tanpa sebuah kode kunci yang khas untuk membuka informasi tersebut. Dengan ini, pihak pihak yang tidak diketahui akan kesusahan untuk mencuri informasi.
  • Autentikasi: Autentikasi akan berguna untuk memberikan konfirmasi kepada server host. Server bisa memastikan bahwa situs anda terhubung dengan baik. Jika ada gangguan, anda akan diberikan notifikasi.
  • Integritas Data: Tidak hanya keamanan, integritas data juga dipastikan ketika anda memiliki sertifikasi SSL. Integritas data berarti data yang dikirimkan dari satu server ke server lainnya pasti akan sampai. Sehingga tidak akan ada delay pada proses pengiriman informasi atau data.

Contoh kegunaan SSL untuk keamanan situs:

  • Transaksi online seperti kartu kredit dan kartu debit
  • Pengiriman email dari satu alamat ke alamat lainnya
  • Pengiriman file file besar melalui situs HTTPS dan FTP (s)
  • Sistem login dan identitas pengguna di situs

Cara menguji sertifikasi SSL dan mencari vulnerabilitas situs

Tahap akhir dari cara mendapatkan SSL gratis adalah untuk menguji SSL tersebut. Tidak akan berguna jika sertifikasi SSL yang anda dapatkan tidak bisa memenuhi tujuan diatas. Cara untuk menguji sertifikasi SSL pertama adalah dengan melihat domain.

Setiap kali pengguna melakukan searching, akan ada beberapa hal unik yang dapat ditemukan disamping domain. Domain ini terletak di tempat anda mengisi nama situs. Saat searching, akan ada hal yang mungkin muncul dari disamping domain.

Secure Protocol

Secure protokol adalah konfirmasi dari sebuah situs bahwa situs aman untuk diakses. Cara untuk cek adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis browser lain. Setelah membuka browser Google Chrome, masukkan domain atau URL dari situs yang ingin di cek. Kemudian tekan enter.

Di sisi kiri alamat situs, akan ada logo kecil berupa gembok yang terkunci. Ini mengindikasikan bahwa situs tersebut aman dan sudah menggunakan HTTPS. Data tentunya akan lebih aman karena menggunakan enkripsi. Meskipun demikian, secure protokol tetap bisa diretas dari berbagai cara.

Sebagai seorang pemilik situs, anda dapat meyakinkan para pengunjung bahwa situs anda aman. Ini akan membuat pengunjung lebih nyaman ketika menelusuri halaman konten di situs anda. Jadi janganlah abaikan manfaat menggunakan sertifikasi SSL di situs anda.

Not Secure Protocol

Di sisi lainnya, situs yang tidak di sertifikasi akan melambangkan sesuatu yang mirip pada secure protokol. Namun pada not secure protokol, situs akan lebih susah untuk diakses. Pertama, akan ada lambang merah yang bertulis HTTP represented: “Not Secure” di samping alamat domain. Pengunjung terkadang tetap bisa masuk ke situs anda meskipun ada peringatan tersebut. Ada juga halaman dimana Google akan mencegah pengunjung untuk datang ke situs anda.

Halaman yang ditampilkan akan bertulis “Your connection is not private”. Ini akan merugikan anda sebagai pemilik situs karena pengunjung tidak dapat lewat. Satu satunya cara untuk memperbaiki ini adalah dengan mengubah HTTP menjadi HTTPS menggunakan cara mendapatkan SSL gratis dari internet.

Kesimpulan

Pemilik situs harus mengantisipasi segala macam situasi. Teknologi digital yang selalu berkembang membuat anda harus terus mengikuti perkembangan zaman.

Di zaman sekarang, situs penting untuk dijaga karena ada banyak kelemahan yang bisa diserang oleh peretas. Sertifikasi SSL yang gratis saja sudah bisa meningkatkan keamanan dari situs secara signifikan.

Jika anda mendirikan sebuah situs e-commerce, maka sertifikasi SSL ini semakin diperlukan lagi. Sertifikasi SSL bertujuan meningkatkan kenyamanan pelanggan dan juga keamanan semua orang. Kami telah menyajikan anda metode yang mudah sebagai cara mendapatkan SSL gratis. Jangan lupa untuk verifikasi kembali dan uji situs anda sekarang juga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Website